Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Ungkap Dua Jenis Makanan yang Berkaitan dengan Jerawat

Kompas.com - 21/08/2020, 11:41 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Tak peduli berapa pun usia kita, munculnya jerawat bukan hanya membuat tak nyaman, tapi juga mengganggu penampilan.

Banyak penyebab timbulnya jerawat, di antaranya hormon dan kulit wajah yang kotor. Selain itu, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan jerawat lho.

Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa mengonsumsi makanan tertentu kemungkinan terkait dengan timbulnya jerawat.

Baca juga: 5 Faktor Utama Pemicu Jerawat pada Wanita, Sudah Tahu?

Penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Dermatology, meneliti hasil survei diet 24 jam bahwa 24.000 orang dewasa dari berbagai usia — rata-rata 57 tahun — melakukan pencatatan sendiri.

Setiap individu dalam penelitian ini, melaporkan mengalami jerawat saat ini, pernah mengalaminya di masa lalu tetapi tidak saat ini, atau tidak pernah berjerawat.

Di antara peserta yang mengatakan bahwa mereka saat ini berjerawat, para peneliti dapat menunjukkan korelasi antara pola makan mereka masing-masing.

Secara umum, mereka yang mengalami kulit berjerawat melaporkan, bahwa mereka telah mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi lemak, tinggi gula, atau kombinasi keduanya.

Dari hasilnya terlihat, responden yang mengatakan mereka berjerawat saat ini, 54% lebih mungkin mengonsumsi makanan kaya lemak, tinggi gula, atau keduanya - dibandingkan mereka yang tidak pernah berjerawat.

Selain itu, mereka yang berjerawat, 76% lebih mungkin melaporkan setidaknya minum lima porsi susu sehari dibandingkan mereka yang mengatakan tidak memiliki riwayat jerawat.

Responden dengan jerawat saat ini juga lebih dari dua kali lebih mungkin melaporkan setidaknya minum lima porsi minuman manis dan delapan kali lebih mungkin melaporkan mengonsumsi makanan berlemak dan manis.

Baca juga: Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Mencegah Jerawat Muncul

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com