5 Cara Tak Terduga yang Dapat Memperpanjang Usia Wanita

Kompas.com - 21/08/2020, 16:12 WIB
wanita bahagia evgenyatamanenkowanita bahagia

KOMPAS.com - Jika Anda ingin hidup dalam waktu panjang, menjadi seorang wanita sudah merupakan sebuah keberuntungan.

Pasalnya, di seluruh dunia, wanita hidup lebih lama daripada pria. Menurut WHO, secara global, wanita memiliki harapan hidup sekitar 74 tahun.

Selain makan makanan seimbang dan berolahraga, ada sejumlah cara tak terduga lainnya yang dapat meningkatkan harapan hidup.

Baca juga: Ingin Panjang Umur? Coba Contek 6 Kebiasaan Sehat ala Jepang

Jika Anda memiliki keinginan untuk hidup hingga 100 tahun, peneliti telah menemukan berbagai hal berikut dapat membantu wanita lebih panjang umur:

1. Memiliki anak

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, wanita yang memiliki anak sebelum usia 60 tahun diperkirakan hidup lebih lama daripada wanita yang tidak menjadi orangtua pada usia 60 tahun,

Peneliti Swedia menganalisis data registri nasional lebih dari 1,5 juta orang yang lahir pada awal 1900-an.

Subjek dilacak seiring bertambahnya usia, dan para peneliti menemukan wanita berusia 60 tahun dengan anak memiliki 24,6 tahun harapan hidup yang tersisa, sementara wanita berusia 60 tahun tanpa anak memiliki 23,1 tahun harapan hidup tersisa.

2. Belanja sepuasnya

Kabar baik untuk para wanita, terapi ritel terbukti dapat membantu Anda hidup lebih lama, demikian menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health.

Analisis terhadap lansia Taiwan menyimpulkan, bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki risiko kematian 27 persen lebih rendah daripada wanita yang paling jarang berbelanja.

Para penulis mencatat manfaat ini mungkin tidak ada hubungannya dengan aspek keuangan, melainkan manfaat lain yang terkait dengan pengalaman seperti menghindari kesepian dan meningkatkan aktivitas fisik melalui rutinitas berjalan keliling mal.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Berolahraga demi Panjang Umur?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X