Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2020, 07:37 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Anjuran untuk menurunkan berat badan biasanya adalah mengurangi asupan karbohidrat dan lemak, serta memperbanyak protein. Namun, jangan lupakan mikronutrien. Walau yang dibutuhkan sedikit tetapi perannya vital bagi tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, ada mikronutrien tertentu yang berperan penting dalam mengurangi lingkar pinggang, yaitu vitamin D.

Ternyata vitamin D tidak hanya penting untuk tulang dan gigi, tetapi juga penting untuk mengurangi lemak perut.

Presentasi di pertemuan pakar endokrinologi Eropa di Barcelona mengungkap bagaimana hubungan antara vitamin D dan penurunan lemak perut. Disebutkan bahwa orang dengan asupan vitamin D yang rendah cenderung memiliki lebih banyak lemak perut.

Untuk penelitian ini, para peneliti melibatkan sekitar 7.000 orang dalam studi Epidemiologi Obesitas Belanda. Setelah mengamati data dengan cermat, mereka sampai pada kesimpulan bahwa orang dengan tingkat lemak perut tertinggi memiliki tingkat vitamin D terendah.

Sayangnya, jumlah pasti kekurangan vitamin D yang menyebabkan perut buncit, tidak ditentukan oleh penelitian tersebut. Namun demikian, penelitian ini dengan jelas menetapkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelebihan lemak.

Baca juga: Ahli: Manfaatkan Matahari sebagai Sumber Vitamin D Gratis

Ini bukan pertama kalinya asupan vitamin D dan lemak perut dikaitkan satu sama lain. Sebelumnya, dilaporkan bahwa meningkatkan asupan vitamin D dapat membantu menghilangkan lemak perut. 

Memang masih dibutuhkan studi lain untuk menguatkan bukti. Sampai saat itu tiba, tidak ada salahnya mencari tahu tingkat vitamin D dalam tubuh kita, dan mencoba memenuhi asupan harian.

Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik dan tidak ada yang bisa menggantikannya.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang mengandung sedikit vitamin D.  Misalnya saja okra, bayam, susu, kacang kedelai, dan ikan seperti, sarden atau ikan teri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com