Kompas.com - 22/08/2020, 07:37 WIB
Ilustrasi lingkar pinggang shutterstockIlustrasi lingkar pinggang

KOMPAS.com— Anjuran untuk menurunkan berat badan biasanya adalah mengurangi asupan karbohidrat dan lemak, serta memperbanyak protein. Namun, jangan lupakan mikronutrien. Walau yang dibutuhkan sedikit tetapi perannya vital bagi tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, ada mikronutrien tertentu yang berperan penting dalam mengurangi lingkar pinggang, yaitu vitamin D.

Ternyata vitamin D tidak hanya penting untuk tulang dan gigi, tetapi juga penting untuk mengurangi lemak perut.

Presentasi di pertemuan pakar endokrinologi Eropa di Barcelona mengungkap bagaimana hubungan antara vitamin D dan penurunan lemak perut. Disebutkan bahwa orang dengan asupan vitamin D yang rendah cenderung memiliki lebih banyak lemak perut.

Untuk penelitian ini, para peneliti melibatkan sekitar 7.000 orang dalam studi Epidemiologi Obesitas Belanda. Setelah mengamati data dengan cermat, mereka sampai pada kesimpulan bahwa orang dengan tingkat lemak perut tertinggi memiliki tingkat vitamin D terendah.

Sayangnya, jumlah pasti kekurangan vitamin D yang menyebabkan perut buncit, tidak ditentukan oleh penelitian tersebut. Namun demikian, penelitian ini dengan jelas menetapkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelebihan lemak.

Baca juga: Ahli: Manfaatkan Matahari sebagai Sumber Vitamin D Gratis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini bukan pertama kalinya asupan vitamin D dan lemak perut dikaitkan satu sama lain. Sebelumnya, dilaporkan bahwa meningkatkan asupan vitamin D dapat membantu menghilangkan lemak perut. 

Memang masih dibutuhkan studi lain untuk menguatkan bukti. Sampai saat itu tiba, tidak ada salahnya mencari tahu tingkat vitamin D dalam tubuh kita, dan mencoba memenuhi asupan harian.

Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik dan tidak ada yang bisa menggantikannya.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang mengandung sedikit vitamin D.  Misalnya saja okra, bayam, susu, kacang kedelai, dan ikan seperti, sarden atau ikan teri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.