Cara Sterilisasi Masker dengan Rice Cooker

Kompas.com - 24/08/2020, 14:45 WIB
Ilustrasi rice cooker. Dok. Shutterstock/DD ImagesIlustrasi rice cooker.

KOMPAS.com - Seperti halnya pakaian, masker pun harus rajin dicuci, apalagi jika kita banyak beraktivitas di luar rumah selama pandemi.

Biasanya, kita menggunakan mesin cuci untuk membersihkan masker. Namun, ada cara lain yang bisa kita coba, yaitu memakai penanak nasi atau rice cooker.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah tes yang dilakukan para peneliti dari University of Illinois, Urbana-Champaign.  Mereka melakukan serangkaian tes di laboratorium dengan peralatan serba guna.

Dari hasil uji coba ditemukan, jika kita memasukkan masker wajah ke dalam panci penanak nasi dan "memasaknya" selama 50 menit pada suhu 100 derajat Celsius, empat jenis virus yang menempel di masker bisa lenyap, termasuk virus corona.

Para peneliti mempublikasikan hasil tes mereka bulan lalu di jurnal Environmental Science and Technology Letters.

"Ada berbagai cara untuk mensterilkan sesuatu, tetapi sebagian besar cara itu merusak filtrasi masker N-95," kata Vishal Verma, asisten profesor teknik sipil dan lingkungan di University of Illinois dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: ITS Rancang Lampu LED untuk Sterilisasi Covid-19 dan Aman Digunakan

Ia melanjutkan, setiap metode sanitasi bisa membersihkan seluruh permukaan respirator (alat bantu pernapasan) dari kontaminasi virus.

Namun, menjaga agar penyaringnya tetap efektif dan respirator cocok dengan kontur wajah pemakainya juga tidak kalah penting. Jika tidak, efek perlindungannya kurang maskimal.

Peneliti menggunakan masker respirator N-95, sejenis alat pelindung diri (APD) yang mampu menyaring 95 persen partikel di udara.

Karena keterbatasan APD, petugas medis menggunakan masker dan respirator mereka berkali-kali. Sehingga dibutuhkan metode yang tepat untuk mendisinfeksi masker wajah setelah dipakai.

Baca juga: Jangan Asal Cuci, Simak Cara Tepat Mencuci Masker

Manfaat lampu UVC untuk sterilisasi alat-alat kesehatan dari virus dan bakteri. shutterstock Manfaat lampu UVC untuk sterilisasi alat-alat kesehatan dari virus dan bakteri.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X