Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Lupa Minum, Susan Bachtiar Pernah Alami Infeksi Saluran Kemih

Kompas.com - 25/08/2020, 13:22 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebiasaan kurang minum seringkali disepelekan. Padahal, jika terjadi dalam jangka waktu lama, kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Aktris dan presenter Susan Bachtiar ternyata pernah mengalami ISK. Selain karena sering lupa minum, perempuan kelahiran 2 Mei 1973 itu dulu juga punya kebiasaan menahan buang air.

"Dulu sering anyang-anyangan. Mungkin saya banyak duduk, kalau sudah kerja lupa minum. Masalah lain adalah saya agak jijikan kalau ke toilet umum jadi suka menahan pipis."

Baca juga: Muncul Gejala Ini, Waspadai Infeksi Saluran Kemih

Demikian diungkapkan Susan dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Cibubur, Selasa (25/8/2020.

Kondisi tersebut terjadi sejak sebelum Susan menikah. Saat itu ia sering merasakan gejala-gejala ISK, termasuk perih ketika buang air kecil, rasa tidak nyaman di perut bagian bawah dan kadang hingga mengalami demam.

Situasi yang paling parah adalah ketika ia sedang pergi ke Italia pada suatu musim panas. Kala itu, ia pergi ke sebuah desa yang akses toiletnya cukup sulit. Sehingga seringkali ia menahan keinginan buang air.

Pada akhirnya, ia terpaksa harus pergi ke dokter, karena melihat urinnya berwarna merah muda.

Untuk diketahui, pada beberapa kasus ISK, urin pasien tidak hanya berwarna lebih pekat tetapi juga bisa berwarna kemerahan karena bercampur dengan darah.

"Suatu hari rasanya enggak enak, saya sudah ngebatin jangan sampai anyang-anyangan. Saya banyakin minum masih enggak menolong, akhirnya saya harus ke dokter di Itali, karena pipis saya sudah mulai pink," ungkap Susan.

Baca juga: Mungkinkah Infeksi Saluran Kemih Sembuh Tanpa Antibiotik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com