Kompas.com - 25/08/2020, 13:22 WIB
Aktris dan presenter Susan Bachtiar saat ini menetap bersama keluarganya di Hongkong. Instagram @sbachtiarAktris dan presenter Susan Bachtiar saat ini menetap bersama keluarganya di Hongkong.

KOMPAS.com - Kebiasaan kurang minum seringkali disepelekan. Padahal, jika terjadi dalam jangka waktu lama, kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Aktris dan presenter Susan Bachtiar ternyata pernah mengalami ISK. Selain karena sering lupa minum, perempuan kelahiran 2 Mei 1973 itu dulu juga punya kebiasaan menahan buang air.

"Dulu sering anyang-anyangan. Mungkin saya banyak duduk, kalau sudah kerja lupa minum. Masalah lain adalah saya agak jijikan kalau ke toilet umum jadi suka menahan pipis."

Baca juga: Muncul Gejala Ini, Waspadai Infeksi Saluran Kemih

Demikian diungkapkan Susan dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Cibubur, Selasa (25/8/2020.

Kondisi tersebut terjadi sejak sebelum Susan menikah. Saat itu ia sering merasakan gejala-gejala ISK, termasuk perih ketika buang air kecil, rasa tidak nyaman di perut bagian bawah dan kadang hingga mengalami demam.

Situasi yang paling parah adalah ketika ia sedang pergi ke Italia pada suatu musim panas. Kala itu, ia pergi ke sebuah desa yang akses toiletnya cukup sulit. Sehingga seringkali ia menahan keinginan buang air.

Pada akhirnya, ia terpaksa harus pergi ke dokter, karena melihat urinnya berwarna merah muda.

Untuk diketahui, pada beberapa kasus ISK, urin pasien tidak hanya berwarna lebih pekat tetapi juga bisa berwarna kemerahan karena bercampur dengan darah.

"Suatu hari rasanya enggak enak, saya sudah ngebatin jangan sampai anyang-anyangan. Saya banyakin minum masih enggak menolong, akhirnya saya harus ke dokter di Itali, karena pipis saya sudah mulai pink," ungkap Susan.

Baca juga: Mungkinkah Infeksi Saluran Kemih Sembuh Tanpa Antibiotik?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X