Kompas.com - 25/08/2020, 18:29 WIB
Pertunjukan horor di Jepang untuk mengurangi stres. ReutersPertunjukan horor di Jepang untuk mengurangi stres.

KOMPAS.com – Ada banyak cara untuk mengurangi rasa stress dan cemas akibat pandemic Covid-19. Ada yang berkebun, memasak, bersepeda, atau rutin meditasi. Sekelompok orang di Jepang memiliki cara berbeda, yakni menonton pertunjukan horor.

Untuk mengalihkan pikiran dari pandemi, mereka mencoba atraksi tidur di dalam peti mati yang dikelilingi oleh para zombie yang membawa gergaji mesin.

Dalam pertunjukan horrr itu, penonton berbaring di kotak peti mati berukuran sekitar dua meter yang berjendela plastik. Lewat jendela itu mereka akan “diteror” oleh cerita-cerita horor, atau para hantu sadis yang menakut-nakuti.

“Pandemi ini membuat stres dan kami harap orang-orang bisa mendapat sedikit kelegaan dengan berteriak ketakutan,” kata Kenta Iwana, koordinator pertunjukan horror Kowagarasetai.

Dalam pertunjukan berdurasi 15 menit itu, sejumlah aksi-aksi horor dari dunia hantu ditampilkan.

Baca juga: Mengatasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona

Iwana (25) menceritakan, sebelumnya ia dan timnya tampil di pusat hiburan (theme park). Namun, pandemi imembuatnya kehilangan pekerjaan. Untuk mencari penghasilan, pada Juli lalu ia memulai pertunjukan horor keliling.

Ia memilih peti mati karena mudah dipindah-pindah.

“Dibatalkannya sejumlah pekerjaan karena virus corona membuat kami stress. Kami butuh sesuatu untuk mengatasi stres ini,” kata salah satu penonton Kazushiro Hashiguchi yang membayar Rp 110.000 untuk pertunjukan itu.

“Sekarang saya merasa rileks,” katanya setelah berbaring di dalam peti mati.

Pertunjukan horor yang dilakukan Iwana dilakukan di ruang tunggu yang biasanya dipakai oleh penumpang bus yang datang terlalu malam dari luar kota.

Dia berharap makin banyak pemilik mal dan ruang pertunjukan yang mengijinkannya melakukan pertunjungan keliling.

“Yang kami butuhkan adalah menempatkannya di ruangan gelap,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.