Kompas.com - 25/08/2020, 19:14 WIB
Ilustrasi berdandan. SHUTTERSTOCKIlustrasi berdandan.

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 telah berlangsung selama beberapa bulan. Kini, masih banyak orang yang bekerja atau bersekolah dari rumah.

Perubahan pola hidup ini ternyata memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat, termasuk mengubah pola kebiasaan harian.

Mereka yang biasa mengenakan riasan wajah ketika pergi ke kantor atau kuliah, kini lebih banyak tanpa riasan wajah karena sebagian besar waktu dihabiskan di rumah.

Baca juga: Empat Tren Riasan Wajah 2020, Mana Favoritmu?

Padahal, menggunakan riasan wajah meskipun sedang bekerja dari rumah (work from home) ternyata bisa membawa sejumlah manfaat, loh. Termasuk salah satunya mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Merek produk kecantikan Marina sempat melakukan survei melalui polling Instagram yang melibatkan 2.067 perempuan muda Indonesia, pada Sabtu (8/8/2020) mengenai fungsi riasan wajah bagi target audiens.

Hasil menunjukkan, bahwa 74 persen di antaranya belum memahami pentingnya merias wajah ketika bekerja dari rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, 87 persen di antaranya merasa menggunakan riasan wajah mampu meningkatkan suasana hati mereka.

Jika Anda merasa kurang semangat dan produktif akhir-akhir ini, merias wajah ketika bekerja dari rumah mungkin bisa dicoba.

"Menggunakan make-up memang memiliki dampak terhadap kesehatan psikologis terlebih lagi terhadap produktivitas bekerja," ujar GM Marketing Marina, Melani D. Astuti melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Lady Gaga Mengaku Baru Merasa Cantik Setelah Belajar Dandan

Tidak hanya riasan wajah, Psikolog Klinis Personal Growth, Veronica Adesla, M.Psi mengatakan, pakaian yang rapi juga bisa menjaga suasana hati, emosi, dan semangat kerja seseorang.

Jadi, meskipun bekerja dari rumah, Anda dianjurkan untuk tetap menjalani rutinitas pagi seperti biasanya, mandi dan mempersiapkan penampilan diri sebelum bekerja.

“Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University di tahun 2017 menemukan bahwa penggunaan makeup atau riasan wajah dapat meningkatkan mood/emosi positif dan kepercayaan diri partisipan yang menghasilkan peningkatan performa kognitif."

"Artinya menggunakan make-up dapat membuat kita merasa baik dengan tampilan diri kita dan mendorong semangat positif serta rasa percaya diri untuk bekerja sehingga produktivitas belajar atau kerja pun jadi meningkat”, ungkapnya.

Baca juga: Tips Make Up Ala Prilly Latuconsina

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.