Kompas.com - 26/08/2020, 09:28 WIB

KOMPAS.com – Suhu tubuh dapat mengungkap status kesehatan. Tak heran jika kita sedang sakit dokter pertama-tama akan mengecek suhu tubuh kita. Di masa pandemi ini suhu tubuh juga jadi penyaringan pertama saat akan memasuki tempat umum.

Infeksi memang menyebabkan kita demam. Tapi, tahukah Anda bahwa suhu tubuh berfluktuasi tergantung pada usia, jenis kelamin, bahkan ketika kita sedang jujur atau bohong.

Ketahui fakta-fakta menarik lain seputar suhu tubuh manusia:

1. Berapa suhu tubuh yang normal?
Kisaran normal bagi sebagian besar orang adalah antara 36.1 derajat Celcius hingga 37,2 derajat Celcius. Namun, apa yang normal bagi Anda bisa jadi sedikit lebih tinggi atau sedikit lebih rendah dibanding rata-rata.

Temperatur tubuh kita selalu beradaptasi untuk merespon kondisi lingkungan. Misalnya, suhu tubuh akan naik saat kita olahraga.

Bayi dan balita juga cenderung punya suhu tubuh lebih tinggi dibanding orang dewasa karena permukaan area tubuhnya relatif lebih luas dibanding berat badannya. Selain itu metabolisme mereka juga sangat aktif.

Baca juga: Haruskan Kita Mencegah Agar Bayi Tak Demam Setelah Vaksinasi?

2. Apa itu demam?
Demam merupakan kenaikan suhu tubuh sementara yang biasanya disebabkan oleh penyakit dan akan kembali turun beberapa hari kemudian.

Pada orang dewasa suhu tubuh di atas 39 merupakan kondisi yang wajib diwaspadai dan perlu segera ke dokter. Apalagi jika demam diikuti dengan sakit kepala berat, sensitive pada cahaya terang, atau rasa kaku dan sakit di leher.

Bawa bayi ke dokter jika suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius dan ia terlihat tidak nyaman atau lesu. Sementara pada anak usia 2 tahun ke atas, waspadai demam lebih dari tiga hari.

3. Demam membantu tubuh melawan infeksi
Banyak orang panik ketika demam, padahal kondisi ini membantu tubuh untuk melawan infeksi.

Baca juga: Batuk dan Demam, Gejala Klasik Covid-19

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.