Kompas.com - 26/08/2020, 11:28 WIB
Ilustrasi vitamin B12 3D_generatorIlustrasi vitamin B12
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tubuh memerlukan asupan nutrisi, mineral, dan vitamin yang seimbang agar tetap sehat dan bugar.

Bila tubuh kekurangan vitamin, maka akan berdampak bagi kesehatan kita. Gangguan pada fungsi organ tubuh bisa menyulitkan kita untuk menjalani rutinitas harian.

Menurut studi terbaru, kekurangan vitamin bahkan bisa memengaruhi kesehatan jantung, dan berisiko mengalami penyakit kardiovaskular.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients menemukan adanya hubungan antara kadar vitamin B12 dan profil lipid kita.

Profil lipid merupakan panel tes darah yang meliputi jumlah kolesterol dan trigliserida --jenis lemak yang ditemukan di dalam darah.

Para peneliti mengamati 341 wanita sehat berusia 19-30 tahun, dan mengumpulkan data terkait pola makan, aktivitas fisik, serta tingkat vitamin mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari data yang diambil, peneliti menemukan kadar vitamin B12 yang rendah berhubungan dengan kadar kolesterol secara keseluruhan, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida yang lebih tinggi.

Hasil itu juga mempertimbangkan beberapa faktor, seperti pengaruh indeks massa tubuh, lemak perut, serta persentase lemak tubuh total pada tubuh.

Menurut Liz Weinandy, R.D., staf ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center,  kadar vitamin B12 yang rendah bisa memengaruhi jantung.

Kepada Bicycling, Weinandy mengatakan, kadar vitamin B12 yang rendah pada pria dan wanita bisa mempunyai kaitan dengan tingkat asam amino yang lebih tinggi (homosistein) di dalam darah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X