Kompas.com - 27/08/2020, 07:45 WIB
Ilustrasi menulis teks deskripsi ShutterstockIlustrasi menulis teks deskripsi

KOMPAS.com – Bekerja dari kantor atau dari rumah, ternyata banyak orang merasakan kesibukannya tetap tinggi. Bahkan, bagi mereka yang sudah berkeluarga, selalu ada yang harus dikerjakan dan ditangani.

Kondisi tersebut tentu melelahkan. Walau kita merasa harus memenuhi kebutuhan anak dan pasangan, sangat penting untuk memperhatikan diri sendiri atau self love.

Studi psikologi menunjukkan, cinta diri adalah kunci menuju kesehatan mental dan kepuasan hidup yang lebih besar.

Salah satu cara untuk memperhatikan diri sendiri adalah mengenali sinyal yang diberikan tubuh agar kita bisa jeda untuk merawat diri dan memunculkan versi terbaik Anda setelahnya.

Berikut adalah lima sinyal yang diberikan tubuh dan pikiran:

1. Tak ada yang menarik lagi
Salah satu indikasi awal kita merasa kelelahan dan butuh “me time” adalah ketika kita tak lagi menikmati banyak hal. Kita akan mulai mengeluh merasa bosan atau tertarik lagi pada sesuatu yang biasanya kita tunggu-tunggu.

Baca juga: Traveling Sendirian? Tak Usah Takut, Ikuti Saja Tips Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Nafsu makan meningkat
Sebagian besar orang adalah pemakan emosional alias akan “lari” ke makanan saat merasa sedih, bosan, atau cemas. Karenanya, sadari hal ini. Ketika kita belakangan ini selalu ingin makan, mungkin sebenarnya kita sedang ada masalah emosional.

Dengan menyadari apakah kita memang lapar atau sekadar mencari pelarian, kita dapat menentukan solusinya. Kita pun bisa terhindar dari kegemukan.

3. Merasa kewalahan
Ketika pikiran kita sedang tenang, mungkin melakukan beberapa pekerjaan sekaligus bukan hal besar. Namun, ketika hal-hal kecil sudah membuat kita merasa kewalahan dan mudah marah, mungkin yang kita butuhkan adalah istirahat. Cobalah bersantai dan tidak melakukan apa-apa sampai suasana hati menjadi lebih baik.

4. Gampang marah
Sedikit-sedikit marah dan tersinggung adalah tanda lain dari kelelahan fisik dan emosi. Ini berarti kita sudah mencapai batas maksimal dan butuh untuk mundur sejenak. Kita bisa bersantai, berolahraga ringan, atau bermeditasi untuk menjernihkan pikiran. Membuat rencana perjalanan impian juga bisa meningkatkan hormone endorphin.

5. Ingin menyendiri
Mendadak saja kita malas ngobrol dengan orang lain dan diam-diam ke toilet untuk melihat ponsel. Sebenarnya ini merupakan sinyal tubuh kita butuh waktu untuk hening dan sendiri.

Baca juga: Mindfulness, Kiat Tetap Asyik di Tengah Lingkungan Kerja yang Toxic

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.