Kompas.com - 27/08/2020, 12:25 WIB
Ilustrasi pertemanan vadimguzhvaIlustrasi pertemanan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjalin relasi pertemanan di era digital seperti saat ini memang lebih mudah. Kita cukup membuat akun di platform media sosial tertentu, lalu bisa mulai menjalin pertemanan. 

Jalinan pertemanan itu tidak hanya dengan kawan lama, tetapi juga dengan orang-orang baru yang kita temui secara virtual. Maka tak heran jika seseorang bisa berteman dengan ribuan orang di media sosial.

Namun sebetulnya, berapa banyak teman yang bisa kita tangani?

Dilansir abc.net.au, Psikolog dari Universitas Oxford, Dr Robin Dunbar menggunakan beberapa rumus matematika untuk menghitung jumlah teman maksimal yang dapat kita miliki sebagai manusia.

Dia mengukur ukuran neokorteks atau bagian otak kita yang bertanggung jawab untuk persepsi sensorik serta memproses bahasa dan emosi, kemudian membandingkannya dengan bagian otak lain.

Dr Dunbar menyimpulkan bahwa pikiran kita dapat menangani setidaknya 150 pertemanan.

Bagian itu berkaitan dengan batasan kognitif manusia yang membatasi berapa banyak hubungan yang dapat kita atasi. Sebagian lagi adalah berapa banyak waktu dan energi yang ingin dan dapat kita curahkan untuk orang-orang itu.

Namun, angka tersebut juga bergantung kepada seberapa ekstrovert seseorang.

Dari angka 150 itu, kita dapat membaginya ke dalam beberapa kategori keintiman.

Biasanya, kita memiliki kelompok inti yang terdiri dari lima teman yang sangat dekat. Mereka punya hubungan yang berarti dengan kira.

Halaman:


Sumber abc.net.au
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X