Kompas.com - 27/08/2020, 12:50 WIB
Ilustrasi tersenyum SHUTTERSTOCK/Jacob LundIlustrasi tersenyum

KOMPAS.com - Dalam hidup, terkadang kita berpura-pura saat menghadapi sesuatu. Seperti berpura-pura tertawa atau bahagia di situasi yang seharusnya membuat kita bersedih.

Percaya atau tidak, berpura-pura dapat membantu saat kita merasa sedih, menurut para peneliti di University at South Australia.

Studi terbaru yang diterbitkan ke dalam jurnal Experimental Psychology mengungkap, berpura-pura tersenyum atau memberikan senyuman palsu bisa berdampak positif pada suasana hati.

Pada dasarnya, memicu otot wajah dengan tersenyum dapat memaksa otak kita untuk berpikir kita sedang bahagia.

"Ketika otot 'mengatakan' kita bahagia, kita lebih cenderung melihat dunia di sekitar dengan cara yang positif."

Begitu kata Fernando Marmolejo-Ramos, penulis studi dan ahli kognisi manusia dan buatan di University of South Australia.

Baca juga: Mengapa Bayi Tersenyum Saat Tidur?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi ini, peneliti meminta 120 peserta yang terdiri dari 55 pria dan 65 wanita untuk tersenyum dengan memegang pena di antara gigi mereka.  Hal itu memaksa otot wajah mereka membuat gerakan senyuman.

Peneliti menemukan, aktivitas otot wajah tidak hanya mengubah ekspresi wajah, melainkan juga menghasilkan lebih banyak emosi positif.

Marmolejo-Ramos menyebutkan, gerakan otot pada senyuman merangsang bagian otak yang disebut amigdala dengan melepaskan hormon untuk menghasilkan kondisi emosional yang positif.

Amigdala adalah bagian otak yang memungkinkan manusia untuk merasakan emosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.