Kompas.com - 28/08/2020, 09:10 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama masa Pandemi Covid-19 kita selalu diingatkan untuk menjaga kebersihan dan menjaga jarak, termasuk tidak banyak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Kondisi ini membuat banyak orang masih ragu melakukan perawatan kecantikan di salon maupun klinik kecantikan.

Lalu, bagaimana jika kita membutuhkan perawatan rambut sesederhana memotong rambut. Apakah masih aman dilakukan?

Penata rambut profesional, Anda Arrusa menyarankan agar kita lebih teliti dalam memilih salon sebelum datang untuk melakukan perawatan.

Cari informasi terlebih dahulu dan pastikan salon tersebut melakukan protokol kesehatan dan kebersihan ketat, termasuk memastikan penata rambut yang menanganu kita dalam kondisi sehat dan alat-alat yang akan digunakan dalam keadaan steril.

Mulai dari alat-alat yang digunakan untuk melakukan perawatan, hingga alat lainnya seperti kursi pelanggan.

"Mungkin sudah masuk ke box ultraviolet atau dicuci menggunakan disinfektan. Tidak boleh sembarangan masuk salon yang kelihatannya kurang steril."

Demikian diungkapkan Anda dalam webinar bersama Shopee, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Perawatan dari Rumah untuk Menguatkan Batang Rambut

Ia menambahkan, perawatan dasar seperti memotong rambut atau creambath masih cenderung aman, sementara treatment seperti facial idealnya dihindari dulu karena tangan penata rambut akan banyak menyentuh wajah pelanggan.

"Itu kan bahaya juga. Mungkin itu dihindari dulu. Kalau creambath, coloring, so far aku masih nyaman (melakukannya)," ucap dia.

Selain itu, untuk lebih menjamin keamanan, kita juga bisa memanggil penata rambut ke rumah dan melakukan perawatan di rumah.

Selain menghindari kerumunan, kita juga bisa lebih memastikan peralatan yanh digunakan aman dan steril.

"Kalau klien mau memanggil ke rumah itu malah lebih bagus. Jadi lebih aman, enggak sembarangan, kamu akan lebih nyaman apalagi kalau kenal orangnya," ungkap Anda.

Baca juga: Salon Buka Kembali, Bagaimana Protokolnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.