Kompas.com - 28/08/2020, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Mengontrol kebiasaan belanja bukan tentang menghemat uang saja. Karena seringkali, kita juga secara tidak sadar membeli pakaian yang sebenarnya bukan gayamu.

Sebagai contoh, YouTuber fashion Dearly Bethany berbagi, bahwa dengan menghindari pakaian yang hanya akan memenuhi lemari, justru membantunya merasa lebih fashionable dari sebelumnya.

Bethany pun memberi tips tentang lima hal yang harus dihindari saat membeli pakaian:

1. Pakaian yang membuatmu tidak 100% percaya diri

Jika kamu mencoba sesuatu di toko pakaian dan kamu merasa tidak sepenuhnya suka dengan model, kain, atau bahkan warnanya, jangan membelinya.

Karena meski kamu berpikir akan mengenakannya suatu hari nanti, kemungkinan hal itu terjadi relatif rendah.

Kemungkinannya, kamu hanya akan memakainya sekali dan melupakannya.

Tidak membelinya, bukan hanya akan menyelamatkanmu dari memiliki barang-barang yang tidak terpakai di lemari, itu juga akan menghentikanmu dari perasaan tidak nyaman dengan pakaianmu sendiri.

Baca juga: Masyarakat Tetap Belanja Pakaian Selama Pandemi, Apa yang Paling Laku?

2. Membeli pakaian hanya karena sedang diskon

Sulit untuk memberikan penawaran yang bagus, tetapi seperti yang dikatakan Bethany dalam videonya, kamu harus memiliki lebih banyak (dan lebih baik) alasan untuk membeli pakaian selain dari harganya.

Jadi, setiap kali kamu tergoda oleh obral besar-besaran, berikut beberapa pertanyaan lanjutan yang dapat ditanyakan pada diri sendiri untuk menyeleksi pembelian: Apakah saya merasa nyaman memakainya? Apakah itu cocok dengan item lain yang ada di lemari?

Apakah saya akan sering memakainya? Apakah saya akan membelinya meskipun harganya sedang tidak diskon? Jika kamu menjawab ya untuk semua ini, lanjutkan dan belilah.

3. Membeli potongan basic yang sudah kamu miliki

Lemari yang secara eksklusif diisi dengan pakaian saja tidak akan membuat penampilanmu maksimal.

Itulah mengapa kamu juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam aksesori seperti perhiasan, syal, atau tas, karena ini adalah item yang akan membuat pakaian basic favoritmu (misalnya kaus putih dan jeans) menjadi bagian dari penampilan yang lebih bergaya dan menghindarkan dari kesan polos.

Karena itu, tak ada alasan untuk memperbanyak koleksi pakaian basic.

Baca juga: Kurangi Limbah Pakaian Mulai dari Lemari Pakaian Sendiri

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.