Bersikap Tak Setuju Tanpa Kurangi Peluang Diterima Kerja, Bisa?

Kompas.com - 28/08/2020, 15:33 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Memberi pendapat atau sikap yang menunjukkan kita tidak setuju dengan apa yang dikatakan pewawancara kerja mungkin bukan ide bagus.

Pasalnya, perbuatan itu bisa membuat wawancara kerja menjadi tegang, dan peluang kita diterima semakin kecil.

Namun faktanya, menyatakan ketidaksetujuan dengan pewawancara kerja tidak selalu menghancurkan peluang kita untuk memperoleh pekerjaan.

Baca juga: 8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Menurut para ahli, dalam wawancara kerja, apa yang kita butuhkan adalah cara kita menghadapi pewawancara.

Tujuan dari setiap wawancara kerja adalah membuat pewawancara sebagai perwakilan perusahaan terkesan, dan mau menerima kita.

Artinya, kita harus "terlihat setuju" untuk sukses dalam wawancara kerja, kata Caroline Stokes, founder of executive headhunting and coaching company Forward, dalam Harvard Business Review di bulan November lalu.

Hanya saja, sikap yang seolah menunjukkan kita setuju bisa menimbulkan masalah, apalagi jika pada akhirnya kita diterima, dan bekerja untuk perusahaan tersebut.

Thomas Hills, profesor di departemen psikologi University of Warwick, mengatakan kepada CNBC, para pelamar kerja harus menjadi diri mereka dalam wawancara kerja.

"Jika kita mendapat pekerjaan itu, pada prinsipnya kita akan berurusan dengan mereka, atau orang-orang seperti ini," ujar dia.

Baca juga: 4 Jawaban dalam Wawancara Kerja bagi Kandidat yang Lampaui Kualifikasi

Hills melanjutkan, apabila kita tidak bisa berkomunikasi secara bebas dengan para pekerja di perusahaan itu, kita akan bekerja dalam perasaan tertekan.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X