Minuman dengan Kadar pH Tinggi Lebih Menyehatkan?

Kompas.com - 30/08/2020, 10:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Minuman dengan kadar keasaman (pH) tinggi dibanding air biasa, yaitu di atas tujuh, kini banyak ditemui di pasaran. Air yang disebut dengan air alkali ini diklaim lebih menyehatkan tubuh.

Walau hasil penelitian mengenai manfaat air ini belum banyak, namun tak sedikit orang yang mengonsumsinya secara teratur.

Model dan presenter Patricia Gouw juga menganggap penting menambahkan konsumsi air alkali karena kesibukannya yang padat.

“Bisa membantu kita tetap aktif sehari-hari. Aku perlu banget memastikan tubuh terhidrasi dan fresh. Biasanya aku minum air alkali pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur,” katanya dalam acara peluncuran Rejuven8 with VIT8+ secara virtual (28/8).

Presenter dan model Patricia Guow.                              Dok Pribadi Presenter dan model Patricia Guow.

Dijelaskan oleh dr. Ahmad Aulia Ghurfron, menjaga cairan penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Air dengan kadar pH tinggi dianggap lebih cepat menghidrasi tubuh. Ia merekomendasikan untuk minum air setelah bangun tidur.

“Dalam keadaa tidur, selama 6-8 jam di malam hari, tubuh tetap bekerja. Minum air membantu kita mengisi cairan tubuh yang hilang. Minum air dengan pH tinggi sebelum itdur juga membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh,” katan praktisi kesehatan yang akrab disapa Alghufron ini.

Ia menambahkan, minum air sebelum tidur dan tepat setelah bangun tidur harus jadi kebiasaan.

“Manfaatnya dapat membantu mengatur ulang tubuh atau reset, sehingga tubuh kita siap beraktivitas kembali,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X