Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2020, 18:20 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memantau pertumbuhan anak merupakan kunci untuk mengetahui adanya gejala malnutrisi secara dini. Itu sebabnya anak perlu diukur berat badan, tinggi badan, hingga lingkar kepalanya secara rutin.

Anak-anak yang kurang gizi dapat mengalami gagal tumbuh atau pun stunting yang ditandai dengan tinggi badannya pendek.

“Penyebab tersering stunting adalah kualitas makanan yang kurang baik, ketidakcukupan energi dan protein, serta ada penyakit infeksi yang diderita anak,” kata dr.Conny Tanjung Sp.A (K).

Stunting bukan hanya membuat postur anak menjadi pendek tetapi juga menghambat perkembangan kecerdasannya. Itu sebabnya kecukupan nutrisi anak wajib diperhatikan sejak dalam kandungan.

Conny mengatakan, stunting tidak terjadi tiba-tiba, namun selalu diawali dengan hambatan pertumbuhan. Hal itu bisa diketahui dari grafik pertumbuhan anak dengan mengukur tinggi dan berat badannya.

Baca juga: Ukur Berat dan Tinggi Badan Anak Secara Rutin

“Setelah diukur tinggi dan berat badan anak, juga lingkar kepala pada anak usia kurang dari dua tahun, hasilnya ditaruh di kurva pertumbuhan untuk mendeteksi apakah statusnya normal atau kurang,” kata Conny.

Idealnya anak usia balita diukur tinggi dan berat badannya delapan kali dalam periode 12 bulan. Sayangnya, menurut survei 56 persen orangtua di Indonesia tidak memantau pertumbuhan anaknya secara teratur. Terlebih di saat pandemi ini orangtua banyak yang takut membawa anaknya ke fasilitas kesehatan.

Untuk membantu orangtua memantau pertumbuhan anaknya, Abbott memperkenalkan alat ukur digital Growthpedia yang bisa diakses melalui gadget.

Head of Abbott Nutrition International, Angelico Escobar, mengatakan Growthpedia menawarkan dua pilihan bagi orangtua untuk mengukur dan melacak pertumbuhan anak mereka.

Yang pertama adalah Growth Tracker, yang bisa diakses di situs Pediasure.co.id. Untuk Orangtua tinggal memasukkan data tinggi badan, berat badan, tinggi orangtua, dan tanggal lahir anak untuk melihat status pertumbuhan dan rekomendasi nutrisi yang sesuai.

Kedua adalah Filter Growth Augmented Reality, sebuah filter Instagram untuk memeriksa status pertumbuhan anak dan berbagi langsung di halaman media sosial orangtua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com