Intip Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Kompas.com - 31/08/2020, 10:32 WIB
Ilustrasi jus delima shutterstockIlustrasi jus delima
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apabila kamu mencari variasi jus buah yang menyegarkan namun menyehatkan, maka jus delima bisa menjadi pilihan.

Jus delima dapat menjadi jus yang sehat berkat kandungan antioksidannya. Jus ini juga kaya dengan nutrisi mikro seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B9, bahkan kalium.

Berikut ini beberapa manfaat jus delima untuk kesehatan tubuh:

1. Mengendalikan radikal bebas

Delima adalah salah satu buah kaya antioksidan. Biji delima yang cerah dimunculkan dari kandungan polifenolnya. Polifenol merupakan golongan zat antioksidan yang ampuh untuk kendalikan radikal bebas.

Jus buah delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan banyak jus-jus buah lain. Bahkan, kadar antioksidan di jus delima lebih tinggi tiga kali lipat dibandingkan red wine dan teh hijau.

Baca juga: Radikal Bebas, Bahaya, Penyebab, dan Kaitannya dengan Antioksidan

2. Memperlambat penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menimbulkan kerusakan sel otak secara perlahan hingga pada akhirnya mati. Penyakit ini membuat pasiennya mengalami penurunan fungsi berpikir, berperilaku, dan kemampuan sosial.

Kandungan antioksidan dalam jus delima diyakini membantu memperlambat penyakit Alzheimer. Antioksidan dalam jus delima yang tinggi juga diyakini membantu melindungi daya ingat.

Baca juga: Sering Berpikiran Negatif, Picu Penyakit Alzheimer?

3. Memelihara sistem pencernaan

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X