Apa itu Jerawat di Kulit Kepala dan Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 31/08/2020, 11:05 WIB
Ilustrasi gatal di kepala shutterstockIlustrasi gatal di kepala

KOMPAS.com - Sama seperti kulit wajah dan tubuh, kulit kepala memiliki pori-pori yang bisa tersumbat dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

Jerawat ini bahkan dapat membuat hal sederhana seperti mencuci dan menyisir rambut menjadi sangat menyakitkan. Bahkan ada istilah untuk itu yakni, Scalpne alias jerawat di kulit kepala.

Apa yang menyebabkan kulit kepala berjerawat?

Menurut Kate Lim, Trainer di Kerastase Paris, jerawat pada kulit kepala bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau perubahan hormonal, serta kelenjar minyak yang terlalu aktif.

Ini adalah proses yang mirip dengan kulit yang menjadi lebih berminyak beberapa hari sebelum menstruasi.

Folikel rambut yang tersumbat oleh minyak, kulit mati, atau bakteri dan meradang, kemungkinan akan menyebabkan jerawat.

Jika kamu menggunakan kontrasepsi oral, seperti pil KB, itu juga bisa memicu munculnya jerawat di kulit kepala.

Kontrasepsi oral terkadang mengubah hormon yang efeknya memicu peningkatan produksi minyak. Dan seperti yang kita ketahui, terlalu banyak minyak akan memicu jerawat.

Penyebab lain termasuk jarang keramas (mencuci rambut hanya dengan air tidak dihitung), makan terlalu banyak produk susu, dan sering stres.

Baca juga: Selain Hormon, Ini 6 Penyebab Jerawat Muncul

Cara mengatasi jerawat kulit kepala

Halaman:


Sumber asiaone
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X