Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Ponsel ke Anak

Kompas.com - 31/08/2020, 11:11 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Pada usia berapa anak boleh diberikan ponsel sendiri? Menurut penelitian, rata-rata adalah saat anak berusia 12-13 tahun, tetapi sebenarnya ini adalah keputusan personal dan berbeda tergantung kematangan dan kebutuhan tiap anak.

Sebelum memutuskan untuk membelikan anak ponsel, ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan:

1. Mengapa ia membutuhkannya?
Jika jawabannya “karena semua temannya sudah punya”, maka pertimbangkan lagi keputusannya. Jika orangtua dan anak jarang terpisah di luar jam sekolah, sebenarnya ponsel bukan kebutuhan utama.

Namun, ketika sekarang anak sedang bersekolah di rumah selama pandemi, ponsel mungkin dibutuhkannya untuk mengikuti pelajaran atau berkomunikasi dengan teman-temannya.

Baca juga: 4 Tips Bikin Suasana Belajar Online Jadi Happy untuk Anak

2. Apakah ia sudah mengerti keamanan di internet
Di era digital ini hampir semua ponsel bisa dipakai lebih dari sekadar menelepon dan berkirim pesan. Pertimbangkan apakah anak sudah cukup memahami isu keamanan ketika menggunakan internet dari ponsel?

Perundungan siber (cyberbullying), penggunaan media sosial, pembatasan durasi bermain game, serta pencurian data, merupakan isu yang harus dibahas oleh orangtua dengan anak sebelum mengijinkannya memiliki ponsel.

3. Aplikasi apa yang boleh diinstal
Sebagian besar ponsel pintar bisa mengakses internet, musik, pesan percakapan, video, dan masih banyak lagi. Sebelum membelikan ponsel, diskusikan dengan anak aplikasi apa saja yang ia ingin install dan apa saja batasan yang perlu dipatuhi. Misalnya, video apa yang boleh ia tonton di Youtube.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com