Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digital Detox alias Puasa Medsos, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 31/08/2020, 14:55 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kita sudah sering mendengar bahwa media sosial tidak selalu memberi dampak baik pada seseorang. Meski ada banyak manfaatnya, medsos bisa merugikan kesehatan mental jika tidak bijaksana menggunakannya.

Bagi mereka yang sudah terpengaruh dampak buruk medsos, maka aktivitas sesederhana scrolling melihat media sosial ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya. Paparan konten dan informasi yang bertubi-tubi rentan membuat seseorang kewalahan.

Di sinilah pentingnya melakukan digital detox atau puasa melihat media sosial sebagai upaya membuat diri lebih fokus dan tenang.

Terkadang, seseorang bisa tanpa terasa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat foto-foto dan video orang lain di media sosial.

Padahal, tak ada manfaat signifikan terhadap dirinya sendiri. Justru sebaliknya, waktu tersita, energi terserap, belum lagi pikiran menjadi semakin rumit.

Baca juga: Demi Kesehatan Mental, Perlukah Detoks Media Sosial?

Bagaimana cara melakukan digital detox?

Sebenarnya, paparan konten yang membuat kewalahan bukan hanya dari media sosial. Selalu berada di sekitar ponsel, laptop, smartwatch, hingga tablet membuat seseorang sangat terkoneksi sekaligus mudah terdistraksi.

Seseorang akan merasa terhubung dengan orang-orang yang ada di media sosial, tetapi justru tidak terhubung dengan realita.

Durasi yang dihabiskan untuk melihat perangkat elektronik membuat seseorang juga seakan “lupa” dengan apa yang ada di sekitarnya.

Hal ini bisa menyebabkan masalah dengan keluarga, pekerjaan, dan parahnya membuat seseorang merasa kecanduan.

Baca juga: Waspadai, 5 Tanda Kecanduan Media Sosial

Digital detox perlu dilakukan apabila seseorang sudah terlalu kecanduan media sosial hingga mengganggu aktivitas sehari-harinya. Lantas, bagaimana cara melakukan digital detox?

Tentukan periode detox

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mewujudkan digital detox adalah dengan menentukan kapan waktu untuk berhenti mengakses perangkat elektronik.

Periode ini berbeda antara satu orang dan lainnya, entah itu pagi hari, saat istirahat siang, atau menjelang waktu tidur.

Ilustrasi membaca bukualtrendo images Ilustrasi membaca buku
Menahan keinginan mengakses media sosial

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com