Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Selebritas Dunia Pemakai Jam Tangan G-Shock, Siapa Saja?

Kompas.com - Diperbarui 26/09/2022, 06:53 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber GQ

KOMPAS.com - Ketika jam tangan sudah menjadi bagian dari simbol kemapanan, maka seketika itu pula benda tersebut seolah memisahkan kelompok orang kaya dan segmen lain di bawahnya.

Setidaknya, hal itulah yang terjadi ketika banyak selebritas dan pesohor dunia menggunakan arloji seharga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah.

Namun, apa yang terjadi saat ini  berbeda dengan kondisi pada dekade lalu, ketika banyak orang terkenal yang juga kaya raya, menyukai arloji plastik dan harganya mulai dari satu juta rupiah saja.

Jika kembali memutar waktu, maka kita akan tiba dalam era di mana orang-orang -siapa pun mereka, menggemari jam tangan G-Shock

Baca juga: Project 900, Jam Tangan G-Shock Bertema Alat Berat

Ya, jam tangan produksi pabrikan elektronik Jepang, Casio ini diawali dari kreasi seorang anak muda bernama Kikuo Ibe di awal dekade 80an.

Setelah melakukan serangkaian eksperimen dan percobaan yang gagal, Ibe berhasil membuat jam tangan tahan banting, yang kemudian diberi nama G-Shock.

Penemu G-Shock Kikuo Ibe saat berbicara di acara pesta peringatan 35 tahun G-Shock di Madison Square Garden, New York, AS, Kamis (9/11/2017) malam. Jam tangan asal Jepang G-Shock yang pertama kali diluncurkan pada 1983 silam, merayakan pesta peringatan 35 tahun bertajuk Shock The World di AS.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Penemu G-Shock Kikuo Ibe saat berbicara di acara pesta peringatan 35 tahun G-Shock di Madison Square Garden, New York, AS, Kamis (9/11/2017) malam. Jam tangan asal Jepang G-Shock yang pertama kali diluncurkan pada 1983 silam, merayakan pesta peringatan 35 tahun bertajuk Shock The World di AS.
Singkatnya, kekuatan G-Shock ada pada mesin "mengambang" ditopang oleh cangkang yang sedemikian rupa melindungi mesin tersebut dari guncangan dan getaran.

G-Shock lantas memulai debutnya pada tahun 1983, dan dengan cepat menjadi arloji favorit para pekerja luar ruang, petugas dinas pemadam kebakaran, bahkan militer.

Lalu, ceruk pasar G-Shock kian melebar dan dipakai oleh para pemain skateboard yang menjadi awal mula munculnya G-Shock sebagai tren mode, dan masuk ke subkultur baru.

Baca juga: Bahan Rapuh Kristal Safir Jadi G-Shock Tangguh di Tangan Kikuo Ibe

Tidak lama kemudian, para rapper dan selebritas lain juga mulai tertarik pada penampakan jam tangan bulky, dan diklaim tangguh ini.

Hingga di tahun 2000-an, tidak peduli apakah itu pesohor macam Kanye West, Pharrell Williams, atau bahkan Justin Bieber, mereka semua memakai G-Shock.

Nah, berikut ini adalah sederet selebritas dunia yang juga mengenakan G-Shock pilihan mereka.

Pharrell Williams dan Kanye West dengan G-Shock DW-6900 x BAPE 

 Pharrell Williams, G Shock x BAPE  DW 6900REPRO BIDIK LAYAR VIA GQ Pharrell Williams, G Shock x BAPE DW 6900
Sejak awal penciptaannya, Kikuo Ibe hanya berfokus menciptakan jam tangan tahan banting. Ide itu muncul karena jam tangan Ibe dari ayahnya, pecah dan rusak saat dia menjatuhkannya.

Namun, ketika sudah menjadi produk yang mapan, G-Shock dipadukan dengan skema warna yang "liar", menjadikan jam tangan ini sebagai aksesori sempurna bagi semua genre mode.

Halaman:
Baca tentang
Sumber GQ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com