Kompas.com - 01/09/2020, 10:32 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Walau sering tidak menimbulkan gejala dan keluhan, tetapi tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Berdasarkan data Riskesdas 2018, 63 juta lebih penduduk Indonesia saat ini menderita hipertensi. Penyakit ini ditemukan pada kelompok umur 31-44 tahun (31,6 persen), umur 45-54 tahun (45,3 persen), dan umur 55-64 tahun (55,2 persen).

Dari prevalensi hipertensi diketahui bahwa baru 8,8 persen orang terdiagnosis hipertensi dan 13,3 persen dari jumlah itu tidak minum obat serta 32,3 persen tidak rutin minum obat.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mempunyai hipertensi, sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Menurut dr.Tunggul D.Situmorang Sp.PD-KGH, mengingatkan pentingnya disiplin mengonsumsi obat untuk menjaga agar tekanan darah tidak terlalu tinggi.

“Yang mengkhawatirkan banyak orang yang tidak minum obat sama sekali. Padahal hipertensi sebagian bisa dicegah dan dikendalikan dengan melakukan pola hidup sehat dan konsumsi obat secara rutin,” katanya dalam webinar We The Health yang diadakan oleh Jovee (22/8).

Tekanan darah yang dibiarkan selalu tinggi lama kelamaan akan merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Agar Tak Jadi Komplikasi, Ini 6 Penanganan Hipertensi yang Tepat

Berbagai alasan mengapa penderita hipertensi tidak meminum obatnya secara rutin, hampir 60 persen mengatakan merasa dirinya sudah sehat, 31, persen tidak rutin ke fasilitas pelayanan kesehatan, 14,5 persen mengonsumsi obat tradisional, serta alasan lain seperti lupa, tidak tahan dengan efek samping, atau tidak mampu membeli obat secara rutin.

Walau sudah merasa sehat, namun kita tidak bisa sembarangan menghentikan obat. Selalu konsultasikan dulu dengan dokter karena sebagian besar pengobatan hipertensi bersifat jangka panjang.

Jadikan kebiasaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X