Kompas.com - 02/09/2020, 09:29 WIB

KOMPAS.com - Cory Macellaro, warga Rocky Point, negara bagian New York, Amerika Serikat menorehkan namanya di buku rekor dunia, Guinness World Record.

Macellaro sukses mencetak rekor menjentikkan jari hingga mengeluarkan bunyi, dengan catatan 853 jentikan dalam satu menit.

Menjentik adalah gerakkan jari telunjuk atau jari tengah yang ditempelkan ke ibu jari, tanpa melepaskan tekanan untuk kemudian digesekkan hingga mengeluarkan bunyi.

Baca juga: David Rush Cetak Rekor Dunia Lagi, Makan 107 Bluberi dalam Semenit

Gerakan semacam ini banyak dilakukan oleh para penyanyi di paduan suara untuk menyamakan ketukan, atau para pecinta burung yang memancing piaraannya agar berkicau.

Macellaro menorehkan rekornya di Heritage Park, Brookhaven di hadapan banyak saksi, termasuk Anggota Dewan Kota Jane Bonner, pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

Dengan capaian 853 jentikan jari dalam semenit, artinya Macellaro -rata-rata, mampu melakukan lebih dari 14 jentikan per detik.

Baca juga: Rekor Dunia, Tuntaskan 6 Kubus Rubik Sambil Tahan Nafas di Dalam Air

Capaian ini mengalahkan rekor sebelumnya, yakni sebanyak 685 jentikan semenit, yang dicapai oleh Hassan Alghazali, pria asal Baghdad, Irak, pada tahun 2019.

"Ini adalah kesempatan pertama bagi saya menjadi saksi untuk upaya pemecahan rekor Guinness World Record, dan saya senang menjadi bagian dari hari besar bagi Cory," kata Bonner.

Baca juga: Rekor Dunia, Juggling 170 Kali dalam 1 Menit di Atas Treadmill

Video dan rekaman suara dari usaha pemecahan rekor tersebut lalu dikirimkan ke pihak Guinness World Record untuk mendapatkan sertifikat resmi.

Laman Newsbreak.com memberitakan, jentikan jari dihitung dengan cara memperlambat rekaman memperlambat audio dan video, serta membaca data dalam bentuk diagram gelombang.

Jumlahnya diperiksa tiga kali menggunakan metode yang berbeda.

Menurut pihak Guinness World Record, diperlukan waktu hingga 12 minggu untuk meninjau hasil tersebut, sebelum secara resmi Cory dinyatakan sebagai pemegang rekor terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.