Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Kamu Kehilangan Otot, Bukan Lemak Saat Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 02/09/2020, 11:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com—  Salah satu tujuan untuk membentuk tubuh adalah meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh. Tetapi dalam beberapa kasus, yang terjadi justru sebaliknya dan ini sangat merugikan tubuh.

Kehilangan massa otot mempengaruhi kekuatan dan daya tahan dan menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Kehilangan otot dan bukan lemak dulu biasanya terjadi ketika kita kekurangan protein, terlalu banyak berlatih, tidak tidur nyenyak atau tidak memberikan waktu untuk pulih.

Berikut lima indikator bahwa kamu berada di jalur yang salah dalam upaya penurunan berat badan sehingga tubuh malah kehilangan massa otot, bukan lemak.

1. Saat latihan otot terasa tegang

Ketika massa otot berkurang, kemungkinan besar kamu akan merasa kurang kuat saat berolahraga. Otot juga terasa tegang. Tidak mampu melakukan jumlah repetisi yang sama atau tidak mampu mengangkat beban yang sama bisa menjadi tanda bahwa kamu telah kehilangan massa otot.

Baca juga: Punya Banyak Massa Otot Terbukti Meningkatkan Kekebalan Tubuh

2. Merasa lesu sepanjang hari

Tidak makan dengan benar dan kehilangan massa otot dapat menyebabkan gangguan fungsi. Ini terjadi ketika kita kekurangan energi dan berlatih berlebihan.

Dalam beberapa kasus, jika seseorang mengalami penurunan berat badan seiring dengan penurunan kinerja mereka, latihan berlebihan mungkin jadi penyebabnya.

3. Persentase lemak tubuh sama

Jika angka pada timbangan berubah tetapi persentase lemak tubuh tidak bergerak, itu pertanda bahwa kamu sedang kehilangan massa otot.

Juga, ketika kamu kehilangan massa otot, tubuh tidak berbentuk seperti yang diinginkan. Kamu akan melihat lingkar menyusut tetapi lemak (yang bisa kamu cek dengan mencubit bagian tubuh tertentu) masih tetap sama.

Baca juga: Tanda Timbunan Lemak Perut yang Dipengaruhi Hormon

4. Berat badan turun terlalu cepat

Kita pasti sangat senang melihat angka-angka pada timbangan bergerak begitu cepat, tapi sebenarnya tidak baik untuk massa otot.

Menurunkan berat badan dengan cepat juga cenderung tak bertahan lama. Penurunan berat badan itu seperti lari maraton dan bukan lari sprint.

5. Tidak mengalami kemajuan dalam latihan

Jika kamu tidak dapat mengangkat beban lebih banyak daripada yang dilakukan saat memulai, atau jika kamu tidak dapat melakukan lebih banyak repetisi daripada saat kamu memulai, itu adalah tanda bahwa kamu kehilangan massa otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com