Kompas.com - 02/09/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com—Pernapasan tampak seperti proses yang sederhana dan alami. Tak perlu dipikirkan, tubuh kita secara otomatis dirancang untuk menarik dan membuang napas sepanjang hari. Namun saat kita mulai berolahraga, hal ini menjadi berbeda.

Saat kita menginjakkan kaki di atas matras yoga atau bersiap mengangkat beban, sepertinya sistem pernapasan kita lupa apa artinya bernapas.

Kebanyakan orang cenderung menahan napas saat melakukan latihan, karena mengira hal itu  membuat latihan mereka lebih efektif.

Kenyataannya adalah sebanyak apa pun pengulangan latihan yang kamu lakukan atau seberapa baik bentuk tubuhmu, kesalahan pernapasan sederhana dapat merusak semua tujuan kebugaran.

Baca juga: 7 Teknik Latihan Pernapasan Pereda Stres, Mau Coba?

Pentingnya pernapasan dalam berolahraga

Saat berolahraga, pernapasan sama pentingnya dengan hal lain yang diperlukan untuk membuat latihan menjadi efektif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita harus bernapas dengan terkontrol yang akan membantu mengatur gerakan tubuh. Pernapasan yang tepat membantu kita tetap tenang, tidak sesak, sehingga kita dapat berlatih untuk waktu yang lebih lama.

Bagaimana bernapas yang benar untuk berbagai jenis latihan

Bagaimana seharusnya kita bernapas, melalui hidung atau mulut? Yang jelas, kamu harus berusaha bernapas dengan normal. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. 

Selain itu, bernapas melalui hidung akan memurnikan partikel debu kecil yang ada di udara dan hanya udara segar yang masuk ke dalam paru-paru.

Baca juga: Menarik Napas, Menenangkan Diri

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.