BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan AMD

Serba dari Rumah, Begini Tips supaya Kegiatan Belajar Anak Bisa Efektif, Orangtua Tetap Produktif

Kompas.com - 02/09/2020, 15:04 WIB
Bukan hanya bekerja, pandemi juga membuat kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Butuh perangkat teknologi seperti laptop agar kedua kegiatan ini berjalan efektif. Dok. AMD IndonesiaBukan hanya bekerja, pandemi juga membuat kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Butuh perangkat teknologi seperti laptop agar kedua kegiatan ini berjalan efektif.
|

KOMPAS.com - Pandemi virus corona sukses mengubah rutinitas sebagian besar masyarakat. Mereka yang semula terbiasa berkegiatan tatap muka kini mau tak mau beraktivitas secara daring mengandalkan perangkat teknologi.

Bekerja dan belajar dari rumah merupakan contoh paling kentara dari perubahan tersebut. Meski sudah berlangsung hampir lima bulan, sebagian masyarakat, khususnya mereka yang telah berkeluarga, masih menemui kendala saat menjalani kebiasaan baru ini.

Bagaimana tidak, selain harus mengurus pekerjaan kantor, orangtua juga mesti mengerjakan pekerjaan rumah sembari mengawasi kegiatan belajar anak.

Akan tetapi, terlepas dari beratnya kendala yang dihadapi, orangtua wajib mendukung aktivitas belajar anak. Apalagi, pemerintah pusat dan daerah telah mengumumkan bahwa penutupan sekolah berlanjut hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Laptop, sarana pendukung belajar online

Kegiatan belajar sepatutnya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak. Jangan sampai prosesnya membebani, apalagi hingga mengakibatkan belajar jadi tidak efektif.

Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk menyiapkan segala kebutuhan yang dapat mendukung kegiatan belajar anak, seperti alat tulis, ruang belajar yang nyaman, hingga perangkat teknologi. Laptop, misalnya.

Tak dapat dimungkiri, kehadiran laptop saat ini bisa dibilang cukup esensial, termasuk bagi pelajar yang harus menjalani sistem remote learning (belajar jarak jauh). Perangkat tersebut membantu mereka saat mengerjakan tugas dari guru.

Anak memang bisa saja meminjam laptop orangtua untuk kebutuhan belajar. Namun, ada kalanya orangtua juga membutuhkan perangkat itu sendiri untuk menunjang produktivitas pekerjaan kantor.

Maka dari itu, menyediakan perangkat laptop sendiri untuk anak perlu orangtua pertimbangkan. Tujuannya, agar masing-masing bisa produktif secara maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan saat beli laptop

Keputusan akhir untuk membelikan anak laptop pun kadang masih jadi perkara tersendiri bagi orangtua. Pertimbangannya tak jauh dari soal harga dan spesifikasi yang didapat.

Mengutip New York Times, Rabu (30/3/2020), setidaknya ada empat hal yang mesti diperhatikan saat membeli laptop, yaitu prosesor, storage, memori, dan layar.

Khusus prosesor, hal ini memang wajib jadi pertimbangan utama saat membeli laptop. Sebab, komponen ini berfungsi sebagai otak yang nantinya akan menentukan performa laptop itu sendiri.

Salah satu prosesor yang mampu membuat laptop punya performa tangguh adalah AMD Athlon Mobile 3000 Series dari AMD, perusahaan prosesor ternama asal Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Pilihan varian AMD Athlon Mobile 3000 Series.Dok. AMD Indonesia Pilihan varian AMD Athlon Mobile 3000 Series.

AMD Athlon Mobile 3000 Series terdiri dari dua tipe yang masing-masing sudah dibekali teknologi teranyar arsitektur Zen. Pertama, AMD Athlon Silver 3050U dengan 2 Cores 2 Threads. Kedua, AMD Athlon Gold 3150U bertenaga 2 Cores 4 Threads.

Dengan dukungan teknologi tersebut, laptop menjadi lebih hemat daya dan lebih responsif, terutama saat digunakan untuk kebutuhan multitasking.

Perbandingan performa prosesor AMD Athlon Silver 3050U dengan AMD Athlon Gold 3150U.Dok. AMD Indonesia Perbandingan performa prosesor AMD Athlon Silver 3050U dengan AMD Athlon Gold 3150U.

Tak hanya itu, laptop berprosesor AMD Athlon Mobile 3000 Series juga mampu menjalankan program yang membutuhkan grafis lumayan berat, seperti Photoshop untuk kebutuhan edit foto atau menonton video full high definition (HD). Hal ini dikarenakan adanya dukungan kartu grafis Radeon pada laptop tersebut.

Bahkan, apabila dibandingkan prosesor kompetitor sekelas yang juga memiliki 2 Core 4 Thread, AMD Athlon Gold 3150U punya performa grafis 86 persen lebih baik.

Agar performa laptop kian maksimal, selain prosesor, kapasitas storage juga perlu diperhatikan. Sebab, komponen ini yang akan menentukan kecepatan transfer dan mengolah data.

Secara umum ada dua jenis storage yang direkomendasikan. Jika peruntukkan laptop hanya untuk belajar, hard disk drive (HDD) saja sudah cukup. Namun, storage solid-state drive (SSD) berkapasitas minimal 128 GB akan cocok digunakan untuk kebutuhan tinggi, mulai dari belajar, multimedia, editing, hingga gaming.

Selanjutnya, untuk memori, pilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 4 GB. Khusus layar, pilih perangkat yang punya resolusi full HD.

Ada banyak laptop yang dijual di pasaran sudah memenuhi spesifikasi di atas. Namun untuk mempermudah pencarian, merek seperti ASUS M409DA, Lenovo IdeaPad 3, serta HP 14s dk1003AU dan HP 14s dk1001AX bisa jadi pertimbangan.

Pasalnya, keempat tipe laptop itu telah dibekali prosesor AMD Athlon Mobile 3000 Series yang dapat menunjang kebutuhan belajar anak.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosesor AMD Athlon Mobile 3000 Series, silakan kunjungi tautan berikut ini.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya