Kelamaan Pakai Masker Bisa Bikin Kulit Kering

Kompas.com - 02/09/2020, 18:12 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Penggunaan masker yang berkepanjangan dapat membuat kulit dehidrasi dan kering. Rawat kulit dengan produk yang tepat agar kelembabannya tetap terjaga.

Dr.Siti Shahera Anwar, scientific engagement skin health Johnson & Johnson Asia Pacific menjelaskan, ada banyak faktor yang memicu dehidrasi pada kulit.

“Dehidrasi kulit bisa disebabkan oleh polusi dalam ruangan, kurang tidur, stres, menyentuh wajah, dan penggunaan masker secara berkepanjangan,” kata Siti Shahera dalam konferensi pers virtual yang diadakan oleh Neutrogena (28/8/20).

Ketika wajah terkikis dengan gesekan seperti memakai masker, pelindung kulit akan rusak. Akibatnya, kulit dapat iritasi dan bisa menjadi sangat kering.

Siti Shahera mengingatkan pentingnya memakai pelembab saat memakai masker.

“Terutama pelembab yang mengandung humektan dan emolien. Humektan seperti asam hialuronat dikenal karena kemampuannya dalam menarik dan mempertahankan kelembaban. Sedangkan emolien adalah lipid dan minyak yang dapat membentuk lapisan pelindung untuk mencegah kehilangan air dari lapisan terluar kulit,” paparnya.

Masalah lain yang sering terjadi adalah jerawat akibat kulit menjadi lembab tertutup masker.

Kondisi lembab itu membuat pori-pori tersumbat dan juga bakteri penyebab jerawat mudah berkembang biak.

“Sangat penting membersihkan wajah untuk mengangkat smeua kotoran yang menempel di wajah. Penggunaan pelembab juga penting untuk memenangkan kulit dan mencegah jerawat,” katanya.

Baca juga: Pakailah Masker Menutupi Hidung dan Mulut

 

Pelembab terbaru

Untuk menjaga kelembaban kulit secara optimal, Johnson & Johnson (J&J) meluncurkan Neutrogena Hydra Boost dalam bentuk serum dan water gel dengan formulasi yang sudah dipatenkan.

“Kami menciptakan teknologi hidrasi prebiotik yang dipatenkan, yang teruji secara dermatologi atas kemampuannya dalam membantu sel-sel kulit secara alami menghasilkan lebih banyak asam hyaluronic agar terjadi hidrasi intensif,” kata Siti Shahera.

Head of Baby and Skin Health Franchise PT J&J Indonesia, Yudith Arianda mengatakan, produk Neutrogena Hydra Boost membantu melembabkan dan terus menjaga kelembabannya pada sel-sel kulit.

“Jika kita kesulitan mengatasi kulit kering, emolien dengan massa yang ringan dapat membantu mengembalikan kelembaban yang hilang serta melindungi kulit dari gesekan masker,” kata Yudith dalam acara yang sama.

Baca juga: Sembilan Kesalahan dalam Menggunakan Pelembab Wajah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X