5 Jawaban Pertanyaan tentang Berhubungan Intim di Masa Kehamilan

Kompas.com - 02/09/2020, 23:00 WIB
Ilustrasi hamil shutterstockIlustrasi hamil
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berhubungan intim di masa kehamilan dapat membawa banyak manfaat, baik fisik maupun mental, jika dilakukan dengan aman dan telah diizinkan oleh dokter.

Memang, beberapa ibu mungkin akan merasa kurang nyaman untuk melakukannya dan hal itu sangatlah wajar.

Jika kamu sedang berada di masa kehamilan dan memiliki sejumlah pertanyaan seputar berhubungan intim di masa kehamilan, beberapa jawaban pertanyaan berikut mungkin bisa menjawab rasa penasaran tersebut.

1. Apakah aman dilakukan?

Singkatnya, ya. Meski begitu, kamu tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk berhubungan intim di masa kehamilan dan memastikan tidak ada komplikasi.

Alasan lain untuk mendiskusikannya dengan dokter adalah jika kamu memiliki riwayat keguguran atau berisiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran.

Jika itu masalahnya, dokter mungkin akan menyarankan untuk menghindari seks selama beberapa bulan pertama kehamilan. Namun jika dokter sudah memberi lampu hijau, artinya hubungan intim aman dilakukan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta?

2. Apakah akan terasa berbeda?

Beberapa calon ibu mungkin akan bertanya-tanya, apakah berhubungan intim ketika hamil akan terasa berbeda?

Mungkin saja, karena tubuhmu berusaha mengakomodasi hormon yang melonjak dan bentuk tubuh yang berubah dengan cepat. Kondisi ini bisa terasa tidak nyaman dan menjengkelkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X