Kompas.com - 03/09/2020, 10:20 WIB
Ilustrasi Avatar Facebook Tomsguide.comIlustrasi Avatar Facebook

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir laman media sosial banyak dipenuhi avatar buatan para pengguna Facebook.

Fitur Facebook Avatar sebenarnya sudah diuji coba sejak pertengahan 2019 namun saat itu baru tersedia di sejumlah negara dan kini sudah bisa dicoba di Indonesia.

Fitur-fitur sejenis sebetulnya sudah pernah kita temui di platform lain. Seperti Bitmoji di aplikasi Snapchat, atau fitur avatar di beberapa aplikasi permainan.

Ternyata pemilihan avatar bisa cukup menggambarkan kepribadian seseorang, lho.

Avatar biasanya memiliki fitur sama dengan penggunanya, mulai dari potongan rambut, warna kulit, bahkan hingga bentuk alis dan mata.

Namun, sekalipun avatar yang kita bikin berbeda dari fitur asli, avatar tersebut tetap bisa mengungkapkan kepribadian kita.

Temuan ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the Personality and Social Psychology Bulletin pada 2015, seperti dilansir organisasi media non-profit National Public Radio.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Membuat Avatar Facebook

Mahasiswa psikologi di York University dan penulis utama penelitian tersebut menjelaskan, meskipun avatar dibuat berdasarkan keinginan seseorang, tapi kepribadian orang tersebut bisa muncul dan dikomunikasikan secara akurat kepada orang lain.

"Siapa kita dalam kehidupan nyata sampai taraf tertentu mendorong pilihan kita dalam memutuskan bagaimana menampilkan diri kita secara online," ungkap Katrina Fong.

Secara khusus, Fong mengacu pada lima besar ciri kepribadian, yakni keterbukaan, kesadaran, ekstroversi, keramahan dan neurotisme.

Halaman:


Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X