Apa yang Harus Dilakukan bila Kepala Bayi Terbentur?

Kompas.com - 03/09/2020, 10:53 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cedera, seperti jatuh, menabrak sesuatu, atau kejatuhan barang adalah hal-hal yang umum terjadi pada bayi dan anak di bawah usia tiga tahun.

Namun bila "kecelakaan" itu mengenai kepala bayi, misalnya terbentur, maka bisa membuat kita sebagai orangtua menjadi khawatir.

Biasanya cedera kepala bayi terbentur dapat sembuh sendiri dan tidak menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Meski demikian, pertolongan pertama bila kepala bayi terbentur perlu diketahui oleh semua orangtua untuk mencegah akibat yang lebih fatal.

Kepala bayi terbentur umumnya terjadi saat Si Kecil mulai belajar merangkak dan berjalan. Kondisi ini juga dapat terjadi ketika ia sudah mulai besar, seperti terpeleset saat bermain.

Kepala bayi terbentur dapat menyebabkan cedera di permukaan kulit kepala dan di dalam kepala. Ia mungkin juga akan memiliki benjolan di kepala yang menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman.

Mengingat bayi tidak dapat mengutarakan keluhan tersebut, orangtua harus jeli dengan tanda-tandanya untuk mengetahui apakah kepala bayi terbentur tergolong cedera ringan atau parah.

Adapun tingkatan risiko cedera kepala bayi terbentur dari yang paling rendah hingga paling tinggi adalah sebagai berikut:

1. Cedera kepala ringan

Sebagian kasus benturan kepala bayi dan anak di bawah usia tiga tahun tidak bersifat serius. Luka yang dialami biasanya hanya terbentuk pada kulit kepala atau wajah.

Akan tetapi, mengingat kepala bayi dan anak di bawah usia tiga tahun masih lunak dan masih dalam tahap perkembangan, benturan sedikit saja tentu dapat menyebabkan luka yang terlihat sangat gawat.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X