Kompas.com - 04/09/2020, 09:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu hormon yang banyak dikenal adalah hormon estrogen. Estrogen adalah hormon yang diproduksi di ovarium, dan sering dikaitkan dengan sistem reproduksi wanita.

Dalam jurnal Current Topics in Developmental Biology, hormon estrogen terlibat dalam reproduksi wanita dan pria, serta sistem biologis lainnya seperti sistem neuroendokrin, vaskular, kerangka, dan kekebalan tubuh.

Hormon estrogen dianggap sebagai hormon seks karena mengatur perkembangan seksual pada wanita.

Namun, pada beberapa kondisi, wanita bisa memiliki kadar estrogen yang rendah. Kondisi ini bisa normal seperti ketika menopause, bisa juga sebagai tanda adanya gangguan hormon.

Rendahnya kadar estrogen bisa mempengaruhi kesuburan wanita bahkan mood. Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hormon estrogen.

Untuk meningkatkan hormon estrogen bisa dilakukan dengan terapi. Ada beberapa cara alami yang juga dapat dicoba, tetapi masih belum ada metode yang terbukti secara ilmiah.

Baca juga: Hamil dan Menyusui Menjauhkan Wanita dari Menopause Dini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu meningkatkan hormon estrogen. Berikut ini caranya.

1. Terapi Penggantian Hormon
Terapi penggantian hormon dapat digunakan untuk mengobati estrogen rendah. Biasanya, dokter akan meresepkan terapi penggantian hormon (HRT) untuk wanita yang memiliki kadar estrogen yang rendah.

Terapi hormon biasanya dilakukan untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause. Pada beberapa perempuan, ketika memasuki masa menopause, kadar estrogen menurun drastis dan menimbulkan gangguan.

Mengutip jurnal Drugs in Context, terapi hormon efektif sebagai pencegahan defisiensi estrogen jangka panjang. Meskipun sudah menopause, estrogen masih dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan lain-lain.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.