Tidur Lebih Nyenyak dengan Aroma Lavender

Kompas.com - 05/09/2020, 14:47 WIB
Ilustrasi minyak lavender grafvisionIlustrasi minyak lavender
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Daerah Provence di Perancis dikenal karena keindahannya, salah satunya adalah berkat hamparan ladang lavender yang banyak dijumpai di sana.

Bunga berwarna ungu kebiruan ini memang sangat cantik sehingga membuat banyak orang tertarik melihatnya. Selain itu, bunga ini juga dianggap mampu mengusir nyamuk karena aromanya yang khas.

Tapi tunggu dulu, manfaat bunga lavender ternyata tidak hanya itu saja. Masih ada banyak kegunaan lainnya yang baik bagi kesehatan kita.

Lavender adalah tanaman bunga yang termasuk ke dalam famili Lamiaceae. Bunga ini diyakini telah ada sejak 2.500 tahun yang lalu, dan berasal dari Mediterania, Timur Tengah, serta India.

Selain sebagai pengharum, sejak zaman dulu lavender juga banyak dijadikan ramuan herbal untuk berbagai penyakit. Beberapa manfaat bunga lavender untuk kesehatan, antara lain:

1. Aromaterapi

Bunga lavender paling sering digunakan sebagai aromaterapi karena wanginya yang khas. Aroma dari bunga ini diyakini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan ketenangan.

Bunga lavender juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang ringan.

Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa penggunaan lavender secara topikal dapat mengurangi keparahan kram menstruasi.

2. Membantu menyembuhkan luka

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X