Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kaesang Bikin Jera Penjual Daring yang Sering Menipu

Kompas.com - 07/09/2020, 16:25 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Putra bungsu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kaesang Pengarep punya cara sendiri membuat jera para penjual daring yang kerap menipu para pembeli. Aksi Kaesang ini bahkan menjadi trending topik di lini Twitter.

Bukan hal baru jika banyak ditemui penjual daring yang nakal dan melakukan penipuan. Modusnya bisa berupa mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan yang diiklankan atau bahkan tidak mengirim barang dan tidak bisa dihubungi lagi.

Kaesang mengunggah cuitan dan juga bukti tangkapan layar bagaimana ia membuat jera penjual nakal tersebut.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Cek Rekening Terindikasi Penipuan Online

Kaesang Pengarep memberikan pelajaran pada penjual on line shop penipu.Hasil tangkap layar cuitan Kaesang Pengarep Kaesang Pengarep memberikan pelajaran pada penjual on line shop penipu.

“Dapet laporan kalo akun ini penipu. Yaudah saya iseng untuk beli barang mereka,” tulis Kaesang dalam akun Twitternya seperti dikutip, Senin (7/9/2020).

Akun Instagram bernama @kharunia.homedress pun disertakan oleh Kaesang dalam hasil tangkap layar.

Unggahan berikutnya, Kaesang mengunggah percakapan kelanjutan pesanannya itu.

Bahkan ia sudah sampai menyertakan alamat pengiriman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dan sudah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang disepakati.

Namun, saat Kaesang mengirimkan bukti transfer, penjual langsung melakukan pembatalan transaksi, mengembalikan uang Kaesang dan mengirim pesan.

“Sorry stock habis kak,” tulis penjual nakal tersebut.

Tak lama kemudian, nomor Kaesang langsung diblok dan pesannya pada penjual itu tak lagi bisa terkirim.

“Saya sudah kasih alamat sampai mereka tanya lagi gimana kelanjutan ordernya. Setelah saya transfer, duit saya malah dikembaliin dan diblok saya. Pie to,” tulis Kesang dalam cuitannya.

Ini bukan kali pertama Kaesang melakukan prank atau mengerjai para penjual nakal dan akun serta nomor penipuan. Semoga hal ini bisa menginspirasi banyak orang untuk berhati-hati sebelum melakukan pembelian di toko daring.

Baca juga: 110.000 Laporan Rekening Terindikasi Penipuan Online, Cek di Situs Kominfo Berikut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com