Cara Kaesang Bikin Jera Penjual Daring yang Sering Menipu

Kompas.com - 07/09/2020, 16:25 WIB
Kaesang Pangarep saat ditemui di acara Senyawa +, di M Bloc Space, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019). Rintan PuspitasariKaesang Pangarep saat ditemui di acara Senyawa +, di M Bloc Space, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).

KOMPAS.com— Putra bungsu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kaesang Pengarep punya cara sendiri membuat jera para penjual daring yang kerap menipu para pembeli. Aksi Kaesang ini bahkan menjadi trending topik di lini Twitter.

Bukan hal baru jika banyak ditemui penjual daring yang nakal dan melakukan penipuan. Modusnya bisa berupa mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan yang diiklankan atau bahkan tidak mengirim barang dan tidak bisa dihubungi lagi.

Kaesang mengunggah cuitan dan juga bukti tangkapan layar bagaimana ia membuat jera penjual nakal tersebut.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Cek Rekening Terindikasi Penipuan Online

Kaesang Pengarep memberikan pelajaran pada penjual on line shop penipu.Hasil tangkap layar cuitan Kaesang Pengarep Kaesang Pengarep memberikan pelajaran pada penjual on line shop penipu.

“Dapet laporan kalo akun ini penipu. Yaudah saya iseng untuk beli barang mereka,” tulis Kaesang dalam akun Twitternya seperti dikutip, Senin (7/9/2020).

Akun Instagram bernama @kharunia.homedress pun disertakan oleh Kaesang dalam hasil tangkap layar.

Unggahan berikutnya, Kaesang mengunggah percakapan kelanjutan pesanannya itu.

Bahkan ia sudah sampai menyertakan alamat pengiriman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dan sudah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang disepakati.

Namun, saat Kaesang mengirimkan bukti transfer, penjual langsung melakukan pembatalan transaksi, mengembalikan uang Kaesang dan mengirim pesan.

“Sorry stock habis kak,” tulis penjual nakal tersebut.

Tak lama kemudian, nomor Kaesang langsung diblok dan pesannya pada penjual itu tak lagi bisa terkirim.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X