Memahami Mask Anxiety, Ketakutan Memakai Masker

Kompas.com - 08/09/2020, 17:09 WIB
Ilustrasi Pixabay/CoyotIlustrasi

KOMPAS.com - Memakai masker wajah di luar rumah masih menjadi perdebatan di banyak negara.

Sebagian orang merasa masker penting untuk menghalangi penyebaran virus corona, dan sebagian lain tidak ingin memakainya.

Namun, orang-orang yang tidak mau memakai masker bukan tanpa alasan.

Bisa jadi mereka ingin menghentikan penyebaran virus dengan mengenakan masker, hanya saja penggunaan masker wajah membuat mereka stres atau panik.

Baca juga: Cara Gampang Cegah Penyebaran Covid-19, Pakai Masker

Kecemasan atau ketakutan memakai masker dikenal dengan sebutan mask anxiety.

Ketakutan ini merupakan masalah besar bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan atau riwayat klaustrofobia (fobia terhadap ruang sempit atau tertutup).

Psikiater Brian Barnett, MD, mengatakan, gejala mask anxiety dapat berwujud psikologis atau fisik.

"Beberapa orang dengan mask anxiety mungkin hanya mengalami manifestasi psikologis, namun pada orang lain gejalanya seperti detak jantung yang cepat, sesak napas, sesak dada, berkeringat dan pusing," kata dia.

Bagi orang yang belum pernah merasakan kecemasan memakai masker, lanjut Barnett, mask anxiety bisa memicu rasa lelah dan sulit mengenalinya, jika gejala yang dialami terkait dengan kecemasan.

Dibutuhkan penanganan dari ahli atau profesional untuk mengatasi mask anxiety, dan Barnett mengatakan hal itu bisa dilakukan melalui pengobatan, terapi, atau pun perubahan pola pikir.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X