Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2020, 12:14 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mencuci tangan dengan sabun masih menjadi langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus, termasuk virus corona.

Tetapi hand sanitizer bisa menjadi pilihan praktis bagi orang yang sedang berada di luar ruangan dan kesulitan menemukan fasilitas cuci tangan.

Meski sudah banyak dijual bebas, penggunaan hand sanitizer masih menimbulkan beberapa pertanyaan.

Sebenarnya, seberapa efektif produk ini dalam melindungi tubuh dari infeksi virus? Apakah benar hand sanitizer berbahaya bagi bayi?

Hand sanitizer berbahan dasar alkohol dapat digunakan pada anak yang lebih besar, namun tidak aman bagi bayi bila digunakan tanpa pengawasan.

Jenis hand sanitizer yang aman bagi bayi adalah hand sanitizer yang tidak mengandung alkohol. Tapi ini berarti, cairan tersebut tidak efektif untuk membunuh bakteri maupun virus.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk tetap menggunakan metode mencuci tangan dengan sabun bagi bayi dan anak kecil.

Baca juga: Berbahaya, Ada Produk Hand Sanitizer Mengandung Metanol

Orang tua perlu waspada bahwa hand sanitizer biasanya dikemas dalam botol dengan berbagai warna, dan memiliki aroma yang menarik untuk bayi dan anak-anak. Misalnya, aroma buah dan permen. Akibatnya, anak mungkin saja penasaran dan menjilat cairan ini.

Hand sanitizer pun mengandung sekitar 40 hingga 95 persen alkohol. Jadi bila tidak sengaja terminum, produk ini akan menyebabkan keracunan alkohol.

Bayi dan anak-anak akan lebih rentan mengalami keracunan alkohol dibandingkan orang dewasa.

Gejala yang muncul bisa berupa muntah, anak tampak mengantuk dan sempoyongan, serta denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasannya menjadi turun.

Selain itu, alkohol bisa memicu penurunan gula darah dengan cepat dan menyebabkan kejang-kejang hingga koma.

Baca juga: Minum Cairan Hand Sanitizer Sebabkan Kebutaan dan Kematian

Tips menggunakan hand sanitizer yang aman untuk bayi

Beberapa langkah dapat kita lakukan guna menjaga bayi tetap aman dari bahaya keracunan hand sanitizer. Langkah-langkah ini meliputi:

  • Simpan hand sanitizer di tempat yang tidak terjangkau oleh bayi.
  • Selalu pantau penggunaan hand sanitizer.Saat memakainya, tuangkan hand sanitizer secukupnya di tangan telapak tangan Si Kecil dan gosokkan kedua tangannya hingga benar-benar bersih
  • Pastikan bayi tidak memasukkan tangannya yang masih basah ke dalam mulut.

Sebagai alternatif, kita juga dapat menggunakan tisu basah khusus bayi yang tidak mengandung alkohol supaya lebih aman untuk buah hati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com