Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Kelebihan Garam untuk Jantung dan Kualitas Tidur

Kompas.com - 09/09/2020, 13:09 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sama seperti gula, garam juga buruk bagi kesehatan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah dan penyakit jantung.

Di samping itu, asupan garam harian yang tinggi berkaitan dengan kualitas tidur kita di malam hari.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi maksimal 2.300 mg natrium per hari atau sekitar satu sendok teh garam. Tapi, disarankan kita mengonsumsi 1.500 sodium per hari untuk kesehatan yang lebih optimal.

Menurut US Food and Drug Administration, sebagian besar orang mengonsumsi garam lebih dari yang dianjurkan (rata-rata 3.400 mg natrium per hari).

Baca juga: Cegah Darah Tinggi, Stop Konsumsi Garam Berlebih

Kurangi konsumsi garam jika memiliki penyakit jantung

Konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat memicu gangguan jantung.

Menurut Dr. Sandra Darling, DO, MPH, dokter di Cleveland Clinic Wellness Institute, jika kita menderita hipertensi atau penyakit jantung, kita perlu membatasi konsumsi garam kurang dari rekomendasi harian normal.

"Idealnya Anda harus mengonsumsi kurang dari 1.500 mg sodium setiap hari untuk menjaga tekanan darah," kata Darling.

Sebagian orang menganggap konsumsi garam mereka tinggi akibat penggunaan garam dapur yang sering. Namun, kadar garam yang tinggi justru banyak ditemukan di makanan yang kita konsumsi setiap hari.

"Sebagian besar garam ditemukan di banyak makanan yang kita konsumsi, dan kombinasi apa yang kita makan serta penggunaan garam dapur membuat tubuh kelebihan garam."

Yang termasuk makanan tinggi natrium antara lain pizza, roti dan biskuit, sereal, saus dan kecap, makanan kalengan, keju, makanan cepat saji, hingga keripik dan popcorn.

"Jika kita menyiapkan makanan dengan bahan yang sudah diolah, kemungkinan besar kita memperoleh natrium dalam jumlah lebih banyak dibandingkan kebutuhan kita," katanya.

Ilustrasi garam laut. SHUTTERSTOCK/ILEISH ANNA Ilustrasi garam laut.

Garam memengaruhi tekanan darah kita

Tekanan darah normal berada di bawah angka 120/80. Peningkatan natrium akan mempersempit pembuluh darah, jantung memompa lebih cepat dan lebih banyak tekanan untuk membawa oksigen ke tempat yang dibutuhkan tubuh. Sehingga, tubuh kita menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com