Efek Kelebihan Garam untuk Jantung dan Kualitas Tidur

Kompas.com - 09/09/2020, 13:09 WIB
Ilustrasi garam. pinterest.comIlustrasi garam.

KOMPAS.com - Sama seperti gula, garam juga buruk bagi kesehatan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah dan penyakit jantung.

Di samping itu, asupan garam harian yang tinggi berkaitan dengan kualitas tidur kita di malam hari.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi maksimal 2.300 mg natrium per hari atau sekitar satu sendok teh garam. Tapi, disarankan kita mengonsumsi 1.500 sodium per hari untuk kesehatan yang lebih optimal.

Menurut US Food and Drug Administration, sebagian besar orang mengonsumsi garam lebih dari yang dianjurkan (rata-rata 3.400 mg natrium per hari).

Baca juga: Cegah Darah Tinggi, Stop Konsumsi Garam Berlebih

Kurangi konsumsi garam jika memiliki penyakit jantung

Konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat memicu gangguan jantung.

Menurut Dr. Sandra Darling, DO, MPH, dokter di Cleveland Clinic Wellness Institute, jika kita menderita hipertensi atau penyakit jantung, kita perlu membatasi konsumsi garam kurang dari rekomendasi harian normal.

"Idealnya Anda harus mengonsumsi kurang dari 1.500 mg sodium setiap hari untuk menjaga tekanan darah," kata Darling.

Sebagian orang menganggap konsumsi garam mereka tinggi akibat penggunaan garam dapur yang sering. Namun, kadar garam yang tinggi justru banyak ditemukan di makanan yang kita konsumsi setiap hari.

"Sebagian besar garam ditemukan di banyak makanan yang kita konsumsi, dan kombinasi apa yang kita makan serta penggunaan garam dapur membuat tubuh kelebihan garam."

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X