Knockers Kembalikan Kepercayaan Diri Penyintas Kanker Payudara

Kompas.com - 09/09/2020, 13:51 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kanker payudara merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan angka kematian paling tinggi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di tingkat global.

Jika kanker payudara sudah memasuki stadium lanjut, maka salah satu tindakan yang akan dilakukan adalah mastektomi atau operasi pengangkatan seluruh jaringan payudara, baik salah satu atau keduanya.

Medical Departemen PT Kalbe Farma Tbk, dr. Hastarita menjelaskan, selain dampak fisik seperti pendarahan, infeksi, nyeri, hingga kekakuan bahu, pasien yang menjalani mastektomi. juga bisa merasakan dampak psikologis.

Terutama berkaitan dengan citra diri tubuhnya dan merasa kehilangan feminitasnya.

"Dampaknya penurunan kepercayaan diri. Pasien merasa insecure, self esteem turun, sehingga berdampak pada kualitas hidup," kata dr. Hastarita dalam webinar Breast Cancer Awareness Month 2020, Selasa (8/9/2020).

Knockers menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka yang hilang tersebut.

Baca juga: Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara, Simak Tahapannya

Gerakan 1000 Knockers

Knockers merupakan rajutan berbentuk payudara artifisial (buatan) yang lembut, ringan dan nyaman yang dapat digunakan oleh para wanita penyintas kanker payudara pasca mastektomi.

Kalbe Farma berkolaborasi bersama Knitted Knockers Indonesia dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) serta Kitabisa.com untuk meluncurkan Gerakan 1000 knockers.

Ilustrasi knockers. Dibuat oleh Knitted Knockers Indonesia, sesuai ukuran payudara masing-masing perempuan.Instagram @knittedknockersindonesia Ilustrasi knockers. Dibuat oleh Knitted Knockers Indonesia, sesuai ukuran payudara masing-masing perempuan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X