Toge, Sayuran Segar Bernutrisi Tinggi

Kompas.com - 09/09/2020, 16:46 WIB
Sayur tauge. IstockSayur tauge.

KOMPAS.com— Toge atau tauge menjadi trending topik Twitter pada Rabu (9/9/2020). Tetapi tidak jelas mengapa sayuran ini mendadak banyak dibicarakan warganet.

Beberapa warganet membicarakan makanan yang menjadikan tauge sebagai bahan utamanya seperti lontong balap, ketoprak atau pecel. Ada pula yang mencari tahu tentang manfaat sayuran dari pertumbuhan kacang hijau ini bagi kesehatan.

Selain rasanya yang segar, apa sih manfaat tauge atau toge ini?

Kacang hijau menghasilkan kecambah yang dapat dimakan. Teksturnya yang renyah dan digambarkan memiliki rasa seperti kacang membuat cambah ini digemari.

Toge atau tauge sendiri diketahui rendah kalori, mengandung banyak serat dan vitamin.

Berikut adalah kandungan dari tauge yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Vitamin K

Menurut Linus Pauling Institute, bakteri di usus besar membuat beberapa vitamin K, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Soal Menyantap Terong dan Tauge Mentah

Tauge merupakan sumber vitamin K yang baik, setiap 1 cangkir kecambah mentah mengandung 34 mikrogram, yang berarti pria mendapatkan 28 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, sementara wanita mendapatkan 37 persen.

Vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah. Ini juga mengatur mineralisasi tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X