Urutan Gejala yang Umum Terjadi pada Penderita Covid-19

Kompas.com - 10/09/2020, 11:07 WIB
Ilustrasi pengukuran suhu tubuh dengan termometer inframerah atau thermo gun untuk cegah penularan virus corona penyebab Covid-19. SHUTTERSTOCK/RossHelenIlustrasi pengukuran suhu tubuh dengan termometer inframerah atau thermo gun untuk cegah penularan virus corona penyebab Covid-19.

KOMPAS.com - Selama berbulan-bulan berada di tengah pandemi Covid-19, kita sering membaca tentang daftar gejala Covid-19 yang mungkin muncul pada pasien.

Beberapa gejala sebetulnya mirip seperti gejala penyakit lain yang tidak berbahaya. Namun, pandemi yang tak kunjung membaik membuat sebagian orang paranoid jika merasa tidak sehat dan tak jarang langsung mencurigainya sebagai gejala Covid-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Univerity of Southern California (USC) merinci tentang gejala Covid-19 yang biasa muncul.

Baca juga: Merasakan Gejala Covid-19, seperti Apa Ketentuan Boleh Tidaknya Isolasi Mandiri?

Menurut penemuan penelitian, urutan gejala Covid-19 yang banyak dialami pasien, adalah:

1. Demam

2. Batuk dan sakit otot

3. Mual atau muntah

4. Diare

Menurut penelitian tersebut, gejala-gejala tersebut biasanya juga muncul secara berurutan.

"Urutan ini penting khususnya untuk membedakannya dengan penyakit seperti flu biasa yang menunjukkan gejala serupa," ungkap salah satu penulis studi sekaligus professor kedokteran, teknik biomedis dan kedirgantaraan dan mesin di USC, Peter Kuhn, PhD, seperti dilansir Healthline.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X