Setelah Minum Madu, Apa yang Tidak Boleh Kamu Lakukan?

Kompas.com - 10/09/2020, 13:48 WIB
Ilustrasi madu ALLEKOIlustrasi madu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Madu adalah cairan manis dengan tekstur kental dan lengket yang diproduksi oleh lebah.

Madu mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Maka tidak mengherankan jika madu banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagai obat rumahan untuk mengatasi berbagai keluhan.

Di balik manfaatnya, tahukah kamu ada pantangan setelah minum madu yang dianggap dapat merugikan kesehatan jika dilakukan?

Disebutkan, jika pantangan-pantangan ini dilanggar, konsekuensi yang akan dihadapi beragam. Contohnya mulai dari obesitas hingga masalah pencernaan. Nah, apa saja pantangan tersebut?

1. Jangan langsung tidur setelah minum madu

Beberapa orang memiliki kebiasaan meminum sesendok madu sebelum tidur untuk menjaga kesehatan. Padahal, madu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Dalam satu sendok makan madu setidaknya terkandung 64 kalori, sementara gula hanya mengandung 49 kalori per sendok makannya.

Ganti kebiasaan minum madu ini menjadi di pagi hari sebelum beraktivitas agar kalori tinggi pada madu dapat terbakar.

Jika kita meminum madu sebelum tidur, kalori yang terkandung di dalamnya bisa menumpuk dan dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko obesitas.

Baca juga: Ketimbang Gula, Madu Lebih Baik untuk Anak-anak, Benarkah?

2. Jangan konsumsi makanan tinggi gula setelah minum madu

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X