Mengapa Wanita Memiliki Perlindungan Lebih Baik terhadap Covid-19?

Kompas.com - 11/09/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi potensi terinfeksi virus corona pada pria lebih tinggi dibandingkan perempuan. Tingkat keparahan pasien Covid-19 laki-laki lebih tinggi. SHUTTERSTOCK/GorodenkoffIlustrasi potensi terinfeksi virus corona pada pria lebih tinggi dibandingkan perempuan. Tingkat keparahan pasien Covid-19 laki-laki lebih tinggi.

KOMPAS.com - Sejak dimulainya pandemi, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa Covid-19 memengaruhi pria lebih buruk daripada wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Virus corona baru tentu menjadi hal yang baru bagi para ilmuwan, dan mereka berusaha keras untuk memahami siapa yang paling berisiko.

Akan tetapi, satu hal yang ditemukan telah jelas sejak awal adalah bahwa pria berisiko lebih besar terkena penyakit serius akibat Covid-19.

“Pada awal Maret kami tertarik dengan laporan berita dari China yang menunjukkan kecenderungan jenis kelamin pria pada keparahan Covid-19, yang segera dikonfirmasi oleh data Italia yang menunjukkan hampir empat kali lipat lebih banyak pria dengan Covid-19 yang dirawat di fasilitas rawat inap, daripada perempuan,” kata Leanne Groban, MD, seorang peneliti di Wake Forest School of Medicine.

Menurut laporan bulan Juli 2020 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), secara global, lebih banyak pria daripada wanita yang meninggal karena Covid-19 di 41 dari 47 negara.

Rasio kasus kematian karena Covid-19 juga 2,4 kali lebih tinggi di kalangan pria daripada di kalangan wanita.

Di China, tingkat kematian Covid-19 di antara pria adalah 2,8 persen, dibandingkan dengan 1,7 persen di antara wanita.

Selain itu, Covid-19 lebih banyak menyerang orang kulit berwarna lebih gelap yang disebut terjadi karena peran ras.

Meskipun datanya tidak sempurna, tetapi dengan jelas terlihat bahwa pria lebih terpengaruh oleh Covid-19 daripada wanita.

Baca juga: Urutan Gejala yang Umum Terjadi pada Penderita Covid-19

Alasan pria mungkin lebih berisiko

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X