Sering Kentut Ternyata Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 11/09/2020, 08:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Buang angin atau kentut mungkin menjadi aktivitas yang memalukan, terutama jika meninggalkan bau atau menimbulkan suara. Namun, kentut ternyata punya beberapa manfaat bagi kesehatan, lho.

"Kentut bisa memberi tahu tentang kesehatan pencernaan kita," ungkap Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, dari Kelly Jones Nutrition, seperti dilansir Men'sHealth.

Kentut beberapa kali dalam sehari adalah hal yang sangat normal. Sementara jarang kentut justru dapat mengindikasikan keragaman bakteri saluran pencernaan bagian bawah yang lebih sedikit.

Memiliki bakteri usus yang beragam penting untuk kesehatan secara umum, termasuk peningkatan suasana hati dan kinerja kebugaran, kesehatan jantung yang lebih baik, hingga sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Jika kamu jarang kentut, cobalah temui dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan bagaimana membuat sistem pencernaanmu menjadi lebih baik.

Baca juga: Apel Mengandung 100 Juta Bakteri tapi Sehatkan Tubuh

Namun, jika kamu sudah kentut cukup sering, berikut beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan:

1. Cukup karbohidrat kompleks 

Pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, telah lama dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Frekuensi kentut yang sehat bisa menjadi salah satu indikasinya.

Jones menjelaskan, makanan-makanan ini menyediakan serat yang dapat difermentasi, pati resisten, dan oligosakarida. Semuanya merupakan karbohidrat kompleks yang difermentasi dan diberi makan oleh bakteri baik di saluran pencernaan bagian bawah.

Gas adalah produk sampingan dari fermentasi ini, dan itulah yang kita keluarkan ketika kentut.

Halaman:


Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X