Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2020, 08:39 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Buang angin atau kentut mungkin menjadi aktivitas yang memalukan, terutama jika meninggalkan bau atau menimbulkan suara. Namun, kentut ternyata punya beberapa manfaat bagi kesehatan, lho.

"Kentut bisa memberi tahu tentang kesehatan pencernaan kita," ungkap Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, dari Kelly Jones Nutrition, seperti dilansir Men'sHealth.

Kentut beberapa kali dalam sehari adalah hal yang sangat normal. Sementara jarang kentut justru dapat mengindikasikan keragaman bakteri saluran pencernaan bagian bawah yang lebih sedikit.

Memiliki bakteri usus yang beragam penting untuk kesehatan secara umum, termasuk peningkatan suasana hati dan kinerja kebugaran, kesehatan jantung yang lebih baik, hingga sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Jika kamu jarang kentut, cobalah temui dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan bagaimana membuat sistem pencernaanmu menjadi lebih baik.

Baca juga: Apel Mengandung 100 Juta Bakteri tapi Sehatkan Tubuh

Namun, jika kamu sudah kentut cukup sering, berikut beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan:

1. Cukup karbohidrat kompleks 

Pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, telah lama dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Frekuensi kentut yang sehat bisa menjadi salah satu indikasinya.

Jones menjelaskan, makanan-makanan ini menyediakan serat yang dapat difermentasi, pati resisten, dan oligosakarida. Semuanya merupakan karbohidrat kompleks yang difermentasi dan diberi makan oleh bakteri baik di saluran pencernaan bagian bawah.

Gas adalah produk sampingan dari fermentasi ini, dan itulah yang kita keluarkan ketika kentut.

Jadi, dengan kentut, kita tahu bahwa tubuh kita mendapatkan variasi makanan berserat yang cukup baik untuk meningkatkan kesehatan usus dan mikrobioma yang membantu mempertahankannya.

Baca juga: Beda Manfaat Serat Larut dan Tidak Larut

2. Meningkatkan kesehatan usus

Kentut dapat membuat usus senang dan menurunkan risiko komplikasi usus besar di masa depan.

Dalam jangka pendek, menahan gas dapat membatasi motilitas usus, menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, nyeri dan bahkan sembelit. Jadi, membiarkan gas itu keluar dapat membuat fungsi dalam tubuh kita tetap teratur dan nyaman.

"Dalam jangka panjang, sembelit yang teratur meningkatkan risiko divertikulosis," ungkap Jones.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com