Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Berat Badan Turun 20kg

Kompas.com - 11/09/2020, 16:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan membutuhkan kerja keras dan disiplin, terutama jika target penurunannya cukup besar.

Berbagai temuan ilmiah menyebut, menurunkan berat badan dalam jumlah besar bisa memberikan dampak positif yang signifikan apalagi pada orang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

Lalu, ketika kita berhasil menurunkan bobot 20kg atau lebih, dampak kesehatan apa yang dirasakan tubuh?

1. Tidur lebih baik

Menurut Adam Freter, RD dari program bariatrik di Ohio State Wexner Medical Center, banyak pasien melaporkan mereka bernapas lebih mudah di malam hari dan kualitas tidurnya juga meningkat.

Faktanya, para peneliti dari University of Pennsylvania menemukan bahwa orang dewasa obesitas yang berhasil menurunkan 5 perden berat badan, bisa tidur 22 menit lebih lama setiap malamnya.

Baca juga: Waspada, Obesitas Bisa Sebabkan Depresi

2. Perbaikan suasana hati

Penelitian tentang kualitas tidur mengungkapkan bahwa suasana hati juga akan semakin baik setelah bobot tubuh turun. Masuk akal jika kita makan lebih baik dan olahraga lebih rutin, pandangan kita secara keseluruhan juga akan lebih positif.

3. Rasa makanan berubah

Para peneliti dari Stanford University menemukan bahwa 87 persen pasien yang pernah menjalani operasi bariatrik (pengecilan lambung) melaporkan adanya perubahan rasa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X