Cara Tepat Penanganan Luka di Kulit Sehari-hari

Kompas.com - 11/09/2020, 17:41 WIB
Ilustrasi perban pintar, plester luka Panupong HarnkhamIlustrasi perban pintar, plester luka

KOMPAS.com - Sebagai organ terbesar yang terdapat di tubuh, kulit kita rentan mengalami goresan dan luka. Luka pada kulit bisa terjadi di bagian-bagian seperti pergelangan tangan, telapak kaki, paha, dada, atau kepala.

Biasanya, jika mengalami luka kecil, kita hanya membiarkannya tanpa diobati. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik, luka akan menjadi berbahaya.

"Luka bisa dianggap kronis jika tidak dirawat dengan benar, sehingga pada akhirnya luka akan melebar atau membesar," kata pakar penanganan luka dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS dalam live talk "Pertolongan Pertama Pada Luka ala Keluarga Hansaplast" pada Jumat (11/9/2020)

Menurut dia, masyarakat baru sadar akan pentingnya gaya hidup bersih dan sehat setelah dunia dilanda pandemi. Karena itu, penanganan luka pun seharusnya tidak boleh diremehkan. 

Luka yang dibiarkan terbuka, misalnya, akan gampang terpapar angin dan kuman, sehingga terasa perih.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Luka Sudah Terinfeksi

"Sama seperti Covid-19, luka yang dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi, dan semakin sulit disembuhkan," katanya.

Ia menjelaskan, ketika kulit terluka, pertama-tama harus dibersihkan dulu dengan cairan pembersih luka berjenis polyhexamethylene biguanide (PHMB) agar luka tidak infeksi dan mengakibatkan iritasi.

Cairan pembersih luka antiseptik dengan kandungan PHMB cocok digunakan terutama untuk anak-anak yang takut lukanya terasa perih.

"Ambang rasa nyeri pada anak kecil itu rendah, jadi kalau kita memakai cairan pembersih antiseptik PHMB untuk anak, mereka tidak akan mengalami perih," ujarnya.

Alkohol tak dianjurkan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X