Dewi Lestari Berbagi Tips Menulis di Tengah Pandemi

Kompas.com - 11/09/2020, 20:05 WIB
Buku antologi berjudul Cerita Saat Jeda - Kumpulan Rasa Saat Pandemi Mengimpit, hasil karya para penulis binaan Dewi Dee Lestari. Dok. Cerita Saat JedaBuku antologi berjudul Cerita Saat Jeda - Kumpulan Rasa Saat Pandemi Mengimpit, hasil karya para penulis binaan Dewi Dee Lestari.

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 memang berat bagi semua orang. Namun, di tengah tekanan hidup yang berat, kita dipaksa untuk tetap menghasilkan sesuatu, demi tetap berjalannya roda kehidupan.

Menulis bisa menjadi salah satu aktivitas yang kita tekuni di masa pandemi.

Penulis Dewi " Dee" Lestari menyampaikan beberapa manfaat menulis untuk diri kita. Selain mengasah kreativitas, manfaat lainnya adalah membantu melepas stres.

Baca juga: Ariel Noah Akui Terinspirasi Penyair Kahlil Gibran dalam Menulis Lirik

"Dengan kita menulis, kita mencoba menuangkan sesuatu di dalam tulisan, ada sesuatu di dalam diri kita yang ikut terangkat, gitu, entah beban, keresahan, kegelisahan, pikiran, dan sebagainya."

Demikian diungkapkan Dee dalam live Instagram di akun @semutmerahkaizen, beberapa waktu lalu.

Namun, sering kali kreativitas buntu ketika mulai berjalan, apalagi di tengah situasi pandemi yang penuh keterbatasan seperti saat ini.

Dee lantas berbagi beberapa tips bagi kamu yang sedang berusaha berkarya di masa pandemi.

Pertama, kata dia, adalah memiliki keberanian untuk memulai.

"Kedua, keberanian untuk gagal, dan ketiga keberanian untuk berhasil," kata Dee.

Mengapa keberhasilan juga butuh keberanian?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X