Jangan Lupakan Tabir Surya Saat Berolahraga di Luar

Kompas.com - 12/09/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Olahraga outdoor seperti jogging, lari, atau bersepeda, tidak cuma menghilangkan suntuk setelah seharian di rumah, tapi juga untuk mendapat paparan sinar matahari yang sehat.

Paparan sinar matahari bermanfaat untuk mendapat asupan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi wabah korona saat ini.

Kendati begitu berjemur jangan berlebihan, cukup 15-30 menit. Durasi berjemur yang lebih lama bisa menyebabkan sunburn (kulit merah dan perih tanda terbakar), yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

“Paparan sinar ultraviolet yang berlebih pada kulit juga menyebabkan kemerahan, terasa terbakar, hingga merusak melanin, sehingga membuat kulit terlihat lebih gelap. Sinar UV juga dapat memicu penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya keriput atau flek hitam,” kata dr.Inneke Jane, Sp.KK dalam acara Nivea Sun Skinversation yang digelar virtual.

Jika Anda menyukai aktivitas olahraga outdoor, penggunaan tabir surya (sunscreen) menjadi penting.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

“Aplikasikan sunscreen secara merata hingga benar-benar menutupi seluruh lapisan kulit wajah dan tubuh, setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Untuk perlindungan maksimal, ulangi pemakaian sunscreen setiap 2-3 jam,” katanya.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Pilih tabir surya sesuai kebutuhan dan jenis aktivitas yang dilakukan. Untuk olahraga bersepeda dan berlari, pilih produk dengan kandungan SPF 50 untuk wajah dan tubuh.

Sedangkan untuk anak-anak, pilih produk yang dikhususkan untuk anak dengan kadar SPF minimal 25 atau khusus untuk kulit sensitif.

Inneke menambahkan, tabir surya tetap harus dipakai walau hari berawan atau cuaca mendung sekali pun.

Baca juga: Memilih Tabir Surya Sesuai Kondisi Kulit

“Paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berfungsi mendeteksi dan menyerang sel ganas. Hal ini tentu bertolak belakang dengan harapan kita berolahraga,” katanya.

Selain itu, olahraga di luar ruang pada saat pandemi juga perlu memperhatikan jarak aman dengan orang lain.

Sebaiknya pilih tempat yang sepi atau jauh dari kerumunan. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, gunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X