Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupakan Tabir Surya Saat Berolahraga di Luar

Kompas.com - 12/09/2020, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Olahraga outdoor seperti jogging, lari, atau bersepeda, tidak cuma menghilangkan suntuk setelah seharian di rumah, tapi juga untuk mendapat paparan sinar matahari yang sehat.

Paparan sinar matahari bermanfaat untuk mendapat asupan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi wabah korona saat ini.

Kendati begitu berjemur jangan berlebihan, cukup 15-30 menit. Durasi berjemur yang lebih lama bisa menyebabkan sunburn (kulit merah dan perih tanda terbakar), yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

“Paparan sinar ultraviolet yang berlebih pada kulit juga menyebabkan kemerahan, terasa terbakar, hingga merusak melanin, sehingga membuat kulit terlihat lebih gelap. Sinar UV juga dapat memicu penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya keriput atau flek hitam,” kata dr.Inneke Jane, Sp.KK dalam acara Nivea Sun Skinversation yang digelar virtual.

Jika Anda menyukai aktivitas olahraga outdoor, penggunaan tabir surya (sunscreen) menjadi penting.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

“Aplikasikan sunscreen secara merata hingga benar-benar menutupi seluruh lapisan kulit wajah dan tubuh, setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Untuk perlindungan maksimal, ulangi pemakaian sunscreen setiap 2-3 jam,” katanya.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Pilih tabir surya sesuai kebutuhan dan jenis aktivitas yang dilakukan. Untuk olahraga bersepeda dan berlari, pilih produk dengan kandungan SPF 50 untuk wajah dan tubuh.

Sedangkan untuk anak-anak, pilih produk yang dikhususkan untuk anak dengan kadar SPF minimal 25 atau khusus untuk kulit sensitif.

Inneke menambahkan, tabir surya tetap harus dipakai walau hari berawan atau cuaca mendung sekali pun.

Baca juga: Memilih Tabir Surya Sesuai Kondisi Kulit

“Paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berfungsi mendeteksi dan menyerang sel ganas. Hal ini tentu bertolak belakang dengan harapan kita berolahraga,” katanya.

Selain itu, olahraga di luar ruang pada saat pandemi juga perlu memperhatikan jarak aman dengan orang lain.

Sebaiknya pilih tempat yang sepi atau jauh dari kerumunan. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, gunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com