Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2020, 14:48 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kebanyakan orang lahir dengan sistem imun yang baik. Namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, tidak ada salahnya berusaha meningkatkan kekebalan tubuh.

Kita harus aktif untuk mencari cara meningkatkan daya tubuh guna meminimalisir risiko terjadinya infeksi di tubuh. 

Ada beberapa langkah yang bertujuan menambah peluang agar kita tetap sehat dalam jangka panjang dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Apa sajakah caranya?

1. Menjaga kebersihan

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama ialah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Contohnya pada kulit yang merupakan lapisan terluar dari tubuh. 

Kita harus selalu menjaga kebersihannya agar jamur atau kuman yang biasa hidup dan menempel di kulit tidak ikut masuk ke dalam tubuh, misalnya bersama makanan yang kita konsumsi.

Salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. Contohnya, sebelum makan, mengolah makanan, memasak, dan setelah dari toilet.

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dapat mengurangi peluang hingga 58% terkena diare.

Baca juga: Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Paling Efektif Bunuh Kuman

2. Menghindari kontak dengan orang sakit

Jika kamu sadar bahwa kondisi kekebalan tubuhmu tidak sebaik orang lain, kamu sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Sekalipun orang tersebut hanya terkena flu atau pilek.

Kontak yang dimaksud bukan hanya bersentuhan di kulit. Tapi juga menjauhi pemakaian alat-alat makan maupun barang-barang pribadi yang sama, seperti pakaian atau handuk.

Baca juga: Masker Wajah Tidak Dapat Menggantikan Social Distancing

3. Tidur yang cukup

Menjaga jam tidur merupakan cara untuk menjaga sistem imun tetap baik. Tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan imun pada tubuh. Jadi pastikan waktu tidur selalu tercukupi.

4. Menjaga pola makan

Banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi akan memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap serangan penyakit. 

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com