8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tak Mudah Sakit

Kompas.com - 13/09/2020, 14:48 WIB
Ilustrasi Olahraga Lari SHUTTERSTOCKIlustrasi Olahraga Lari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kebanyakan orang lahir dengan sistem imun yang baik. Namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, tidak ada salahnya berusaha meningkatkan kekebalan tubuh.

Kita harus aktif untuk mencari cara meningkatkan daya tubuh guna meminimalisir risiko terjadinya infeksi di tubuh. 

Ada beberapa langkah yang bertujuan menambah peluang agar kita tetap sehat dalam jangka panjang dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Apa sajakah caranya?

1. Menjaga kebersihan

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama ialah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Contohnya pada kulit yang merupakan lapisan terluar dari tubuh. 

Kita harus selalu menjaga kebersihannya agar jamur atau kuman yang biasa hidup dan menempel di kulit tidak ikut masuk ke dalam tubuh, misalnya bersama makanan yang kita konsumsi.

Salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. Contohnya, sebelum makan, mengolah makanan, memasak, dan setelah dari toilet.

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dapat mengurangi peluang hingga 58% terkena diare.

Baca juga: Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Paling Efektif Bunuh Kuman

2. Menghindari kontak dengan orang sakit

Jika kamu sadar bahwa kondisi kekebalan tubuhmu tidak sebaik orang lain, kamu sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Sekalipun orang tersebut hanya terkena flu atau pilek.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X