Orang Muda dengan Kondisi Ini Rentan Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 15/09/2020, 10:36 WIB
Ilustrasi perawatan intensif pasien positif Covid-19 di ICU rumah sakit. SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi perawatan intensif pasien positif Covid-19 di ICU rumah sakit.

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kelompok usia tua menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi Covid-19, namun bukan berarti kelompok muda tidak berisiko sama sekali.

Menurut penelitian baru di Journal of the American Medical Association, kelompok dewasa muda masih membawa risiko yang signifikan dan juga bisa mengalami gejala yang parah.

Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa berusia 18-34 tahun yang dirawat di rumah sakit memiliki risiko penyakit parah yang relatif tinggi:

- Lebih dari 20 persen membutuhkan perawatan intensif.

- Sekitar 10 persen ditempatkan pada ventilasi mekanis.

- Hampir 3 persen meninggal dunia.

Usia rata-rata kelompok ini adalah 28 tahun, dan lebih dari 57 persennya adalah laki-laki.

Baca juga: Cegah Klaster Keluarga, Pasien Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah

Meskipun angka kematian dewasa muda karena Covid-19 tetap lebih rendah, angka yang ditunjukkan tetap dua kali lipat dibandingkan kematian akibat serangan jantung pada orang dewasa muda.

Dokter penyakit menular dari Texas Health Resources di Bedford, Texas, Nikhil Bhayani, menyoroti bukti terbaru yang menunjukkan bahwa orang muda juga berisiko terkena Covid-19 yang parah.

Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tentang pasien yang dirawat di rumah sakit, 20 persennya masih berusia 20 hingga 44 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X