Ternyata, Infeksi Covid-19 Tak Selalu Disertai Gejala Awal Demam

Kompas.com - 15/09/2020, 12:53 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, virus corona ShutterstockIlustrasi pasien virus corona, virus corona

KOMPAS.com - Demam sering kali menjadi patokan gejala awal Covid-19. Padahal pada beberapa kasus terbaru, kenyataannya ternyata tidak selalu demikian.

Di Australia, hanya 20 persen kasus baru Covid-19 menunjukkan tanda-tanda demam.

Data itu didapatkan dari data epidemiologi Tim Pengawasan Ruang Insiden Nasional Covid-19, yang mengamati kasus hingga 30 Agustus lalu.

Baca juga: Orang Muda dengan Kondisi Ini Rentan Terinfeksi Covid-19

Seorang Jurubicara Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Victoria mengatakan, batuk, sakit tenggorokan, dan pilek adalah gejala paling umum dari Covid-19 saat ini.

Namun, ternyata tidak semua pasien menunjukkan gejala demam.

"Demam terjadi pada sekitar 20 persen pasien, orang tua cenderung lebih jarang mengalami demam," ungkap Jurubicara tersebut seperti dilansir ABC.

Namun, ketika menghitung angka kumpulan kasus yang lebih besar yang disajikan dalam laporan, sebanyak 5.866 orang dari 12.636 total kasus atau sekitar 46 persen menunjukkan gejala demam.

Sementara, gejala kedua yang paling sering diamati dalam kumpulan data tersebut setelah batuk.

Virolog dari University of Sydney, Tim Newsome menduga, penurunan kasus dengan gejala demam ini mungkin merupakan produk dari pengetahuan yang lebih besar tentang Covid-19.

Sehingga, informasi yang ada lebih mampu memahami gejala yang digambarkan dengan Covid-19.

Baca juga: Masa Pandemi Covid-19, Jadi Momen Positif bagi Selena Gomez

Halaman:


Sumber abc.net.au
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X